Presentasi dalam Bahasa Inggris/Istimewa
Relationship

Kiat Sukses Presentasi dalam Bahasa Inggris

Nindya Aldila
Kamis, 18 Januari 2018 - 06:08
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Memiliki kemampuan Bahasa Inggris menjadi syarat wajib bagi setiap orang yang berkarir.

Kegiatan seperti presentasi dalam bahasa Inggris mungkin tidak akan terhindarkan lagi.

Hanny Sanjaya, Head of Marketing British Council Indonesia Foundation mengatakan ketika Anda dapat membawakan presentasi dan berkomunikasi dengan rekan kerja dari luar Indonesia dalam Bahasa Inggris dengan lancar tanpa ada kesalahan pelafalan kata, maka Anda akan terlihat lebih profesional dan berkompeten, sehingga dapat lebih dipercaya.

Berikut tip dari Hanny agar sukses presentasi dakam Bahasa Inggris.

Ingat poin utama

Pastikan isi konten presentasi relevan dengan pesan utama yang ingin Anda sampaikan. Tidak semua informasi yang Anda dapat penting, meskipun detailnya sangat menarik. Untuk itu, siapkanlah catatan berbahasa Inggris yang berisikan poin-poin yang akan Anda sampaikan agar presentasi lebih terarah.

Struktur harus terorganisir

Lakukanlah riset presentasimu langsung dalam Bahasa Inggris, ketimbang melakukannya dalam Bahasa Indonesia dan menterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris setelahnya. Hal ini untuk menghindari terjadinya salah penafsiran yang dapat mengubah makna informasi yang ingin disampaikan.

Lalu, pilahlah informasi yang relevan dan kohesif yang disusun ke dalam tiga bagian utama layaknya essay: perkenalan (penjelasan apa yang akan kamu sampaikan dalam presentasi dan jelaskan topik utama), isi(porsi terbesar dalam presentasi di mana kamu menyampaikan ide pendukung dan contoh-contoh), serta penutup (untuk menjelaskan kembali apa yang sudah kamu jelaskan, menyatakan kembali topik utama, dan menarik kesimpulan).

Ini adalah presentasi, bukan membaca

Salah satu kesalahan utama yang dilakukan orang-orang ketika presentasi adalah membaca slide PowerPoint secara langsung. Hal ini tidak hanya akan membuat pendengar bosan, tapi juga mengisyaratkan bahwa Anda tidak menguasai materi.

Oleh karena itu, latihan sangatlah penting apalagi bila harus membawakannya dalam Bahasa Inggris yang notabene bukan Bahasa utama kita.

Interaksi

Presentasi yang baik tergantung dari pembicaranya. Dengan melibatkan peserta, dan mendorong mereka untuk berinteraksi satu sama lain, presentasi akan menjadi lebih menyenangkan dan informatif. Anda bisa melakukan hal ini dengan membuat kontak mata dengan audiens dan bertanya opini mereka. Buatlah mereka sebagai bagian dari presentasimu.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nindya Aldila
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro