Bens Leo/Antara
Musik

Bens Leo: Musik Indie Bisa Bertahan Karena Kreativitas

Asteria Desi Kartika Sari
Selasa, 20 Februari 2018 - 15:21
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Karya musik indie atau independen sering kali dianggap tidak lazim, tidak terkenal, atau lain dari pada yang lain. Padahal , tidak sedikit dari karya mereka memiliki kualitas yang sangat baik.

"Sebetulnya karya mereka banyak yang bagus tetapi tidak tercover karena mereka berada pada area yang tidak terekspos media," kata Pengamat Musik Bens Leo.

Menurutnyakebebasan berkreasi pun lebih banyak mereka miliki lantaran tidak terbelenggu birokrasi yang diterapkan oleh lebel pada umumnya atas pertimbangan selera pasar dan kemanan berbisnis.

Dengan demikian, kepekaan terhadap isu sosial yang tinggi dan bertumpuknya referensi literatur membuat mereka lantang menyuarakan kritik sosial dan politik.

Menurutnya ini adalah fenomena menarik yang dilakukan anak muda. Justru mereka yang memilih untuk jalur indie lebih sukses dibandingkan dengan penyanyi jebolan pencarian bakat ditengah persaingan ketat industri musik Indonesia.

" Begitu banyak persaingan, sehingga setiap grup lahir yang harus mereka lakukan adalah kreatifitas, salah satunya adalah sosial media , tim working seperti itu yang harus bergerak, sekarang label rekaman itu agak susah untuk bergerak lebih cepat karena kaset CD tidak telalu banyak," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Sutarno
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro