Black Panther Mendunia, Disney Donasikan US$1 Juta untuk Iptek

Disney akan mendonasikan US$1 juta untuk membantu mengembangkan program STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) di Amerika Serikat (AS), menyusul kesuksesan dan rekor box office yang dicatatkan film Black Panther.
Renat Sofie Andriani | 28 Februari 2018 09:40 WIB
Film 'Black Panther' - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Disney akan mendonasikan US$1 juta untuk membantu mengembangkan program STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) di Amerika Serikat (AS), menyusul kesuksesan dan rekor box office yang dicatatkan film “Black Panther”.

Donasi tersebut akan diberikan kepada Boys & Girls Clubs of America (BGCA), sebuah organisasi nirlaba yang menawarkan dukungan dan keterampilan penting untuk kaum muda, demi membantu mereka mencapai potensi maksimal.

Donasi itu diharapkan dapat membantu mengembangkan kurikulum STEM organisasi tersebut, serta membangun pusat inovasi baru STEM di sejumlah komunitas, termasuk Atlanta, New Orleans, dan Washington D.C.

Pusat inovasi BGCA menawarkan pengalaman langsung yang dilengkapi teknologi-teknologi canggih, seperti printer 3D dan robotika.

Dalam pengumumannya pada Senin (26/2) waktu setempat, Chairman dan CEO Disney Bob Iger mengatakan “Black Panther” merupakan karya besar pembuatan film. Disney diketahui sebagai perusahaan induk Marvel Studios, yang memproduksi film tersebut.

Film ini adalah produksi pertama Marvel Studios yang didominasi oleh pemeran berkulit hitam. Berlatar belakang budaya Afrika, “Black Panther” dibintangi Chadwick Boseman sebagai T'Challa, yang merupakan pelindung dan Raja Wakanda, sebuah negara maju rekaan.

Adik perempuan T'Challa bernama Shuri, yang dimainkan oleh Letitia Wright, bersosok inovator cerdas yang menciptakan sejumlah besar teknologi modern di Wakanda, termasuk merancang jas dan perlengkapan superhero kakaknya. Ini jelas sekali erat kaitannya dengan program STEM.

“Sangat mengasyikkan melihat bagaimana penonton muda terinspirasi oleh teknologi spektakuler dalam film ini,” tutur Iger dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip CNBC.

“Jadi, sepatutnya kami menunjukkan apresiasi kami dengan membantu pengembangan program STEM bagi kaum muda, terutama di wilayah-wilayah yang kurang terlayani di negara ini, untuk memberi mereka pengetahuan dan alat membangun masa depan yang mereka inginkan,” lanjutnya.

Sejak dirilis pada awal Februari, “Black Panther” telah terbukti sukses besar. Menurut Marvel, film ini meraup US$242 juta di AS selama akhir pekan libur President's Day dan telah menghasilkan pendapatan lebih dari US$708 juta di seluruh dunia.

“Terima kasih atas dukungan Disney, kami dapat memperluas jangkauan kami serta memungkinkan lebih banyak pemuda untuk menemukan hasrat mereka dan tujuan pada STEM,” ucap Jim Clark, Presiden dan CEO BGCA.

Dalam akun Twitter-nya, bintang “Black Panther” Chadwick Boseman juga mengucapkan terima kasih kepada Disney atas langkah donasinya.

“Anda tidak akan pernah salah ketika berinvestasi dalam masa depan anak,” tulis Boseman.

Tag : marvel, disney
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top