Guillermo del Toro beserta kru, aktor, dan aktris The Shape of Water berdiri di panggung setelah berhasil menjadi Film Terbaik dalam Piala Oscar 2018 yang digelar di Dolby Theatre, Los Angeles, AS pada Minggu (4/3) waktu setempat./Reuters-Lucas Jackson
Entertainment

PIALA OSCAR 2018: Di Luar Dugaan, The Shape of Water Jadi Film Terbaik

Annisa Margrit
Senin, 5 Maret 2018 - 12:17
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Gelar Film Terbaik dalam ajang Academy Awards 2018 akhirnya jatuh ke tangan The Shape of Water, di luar dugaan banyak orang.

Dalam Piala Oscar 2018 yang digelar di Dolby Theatre, Los Angeles, AS pada Minggu (4/3/2018) waktu setempat, film ini mengalahkan Call Me by Your Name, Darkest Hour, Dunkirk, Get Out, Lady Bird, Phantom Thread, The Post, dan Three Billboards Outside Ebbing, Missouri.

Banyak orang menjagokan Three Billboards Outside Ebbing, Missouri, yang sebelumnya sudah memenangkan Film Terbaik versi Golden Globes 2018 dan BAFTA Awards 2018.

"Beberapa pekan lalu, Steven Spielberg mengatakan jika kamu meraih penghargaan dan berdiri di atas panggung, ingat bahwa kamu adalah bagian dari dunia sutradara dan berbanggalah," ujar Guillermo del Toro dalam pidatonya usai menerima penghargaan tersebut, seperti dilansir BBC.

Del Toro adalah sutradara film ini. Beberapa menit sebelumnya dia telah berdiri di panggung yang sama untuk menerima penghargaan Sutradara Terbaik, yang menjadi Oscar pertama baginya.

"Saya ingin mendedikasikan film ini kepada para sutradara muda dunia yang menunjukkan pada kami bagaimana seharusnya film dibuat," tambahnya.

Del Toro melanjutkan ketika dia masih kecil dan tinggal di Meksiko, dia tidak pernah menduga akan mendapatkan penghargaan dari film buatannya. Dia juga mendorong para sutradara dan pembuat film untuk menggunakan genre fantasi sebagai media bertutur mengenai hal-hal yang terjadi di dunia saat ini. 

Sebelum menyampaikan pidatonya, del Toro sempat bergurau sedikit dengan memeriksa amplop yang berisi nama pemenang. Tahun lalu, sempat ada kesalahan dalam pengumuman Film Terbaik ketika La La Land dinyatakan sebagai pemenang meski sebenarnya Moonlight lah yang meraih penghargaan itu.

The Shape of Water berkisah tentang seorang perempuan bisu yang bekerja sebagai pembersih di sebuah laboratorium. Dia kemudian jatuh cinta dengan makhluk amfibi yang menjadi objek riset di laboratorium tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Annisa Margrit
Editor : Annisa Margrit
Sumber : BBC
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro