Sam Rockwell (kiri), Frances McDormand, Allison Janney, dan Gary Oldman berfoto bersama dengan Piala Oscar 2018 masing-masing, Minggu (4/3) waktu setempat./Reuters-Mike Blake
Entertainment

PIALA OSCAR 2018: Ini Deretan Momen yang Tak Boleh Dilewatkan

Annisa Margrit
Senin, 5 Maret 2018 - 15:14
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Penyelenggaraan Piala Oscar 2018 mungkin telah berakhir, tapi ada beberapa hal yang mungkin tidak akan bisa dilupakan selama beberapa waktu ke depan dari acara yang sering dianggap sebagai ajang penghargaan film tertinggi dunia itu.

Berikut beberapa momen tak terlupakan yang disarikan Bisnis, Senin (5/3/2018):
- Panggung Oscar dihiasi kristal swarovski
Tak kurang dari 45 juta kristal swarovski digunakan untuk menghias panggung. Pengerjaannya membutuhkan waktu 3.250 jam untuk diselesaikan dan berat totalnya mencapai 15.000 pon atau sekitar 7,5 ton.

- Skandal pelecehan seksual yang membalut Hollywood dipastikan tak akan dilupakan
Sejumlah aktor, aktris, dan tamu undangan mengenakan pin Time's Up sebagai bentuk dukungan terhadap para korban pelecehan seksual di industri perfilman internasional.

 

PIALA OSCAR 2018: Ini Deretan Momen yang Tak Boleh Dilewatkan

Aktor Patrick Stewart dan istrinya, Sunny Ozell, terlihat mengenakan pin Time's Up di karpet merah Piala Oscar 2018./Reuters-Carlo Allegri

 

Richard Jenkins dan Patrick Stewart adalah beberapa yang mengenakan pin tersebut. Setelah banyak aktris yang mengungkapkan bahwa produser ternama Harvey Weinstein sering melakukan pelecehan seksual, semakin banyak skandal yang terungkap.

Pembawa acara Jimmy Kimmel juga menyinggung hal ini.

"Kita tidak boleh membiarkan perilaku buruk terjadi lagi dan dibiarkan begitu saja. Dunia melihat kita dan kita harus memberi contoh," paparnya ketika membuka acara.

- Ada hadiah jet ski bagi pidato terpendek
Kimmel, yang menjadi host Oscar untuk kedua kalinya, mengumumkan ada hadiah jet ski bagi pemenang yang menyampaikan pidato tersingkat malam itu.

 

PIALA OSCAR 2018: Ini Deretan Momen yang Tak Boleh Dilewatkan

Mark Bridges dan Dame Helen Mirren menaiki jet ski yang dimenangkan Bridges./Reuters-Lucas Jackson

 

Dame Helen Mirren turut tampil menawarkan jet ski tersebut, dengan gaya seakan-akan menawarkan hadiah dalam acara kuis. Hadiah tersebut benar adanya karena Mark Bridges, desainer kostum untuk film Phantom Thread, berhasil memenangkan jet ski itu.

Bridges menyampaikan pidato kemenangannya dalam waktu hanya 36 detik.

- Aksi Jennifer Lawrence demi bertemu Meryl Streep
Mengenakan gaun panjang bukan halangan bagi Jennifer Lawrence untuk memanjat deretan kursi demi menyapa aktris senior Meryl Streep.

Lawrence, yang posisi duduknya agak jauh di belakang Streep, memilih memanjat kursi-kursi di depannya dibandingkan memutar ke jalur yang seharusnya. Untungnya, Streep menyambutnya dengan senang hati.

 

PIALA OSCAR 2018: Ini Deretan Momen yang Tak Boleh Dilewatkan

Aktris Jennifer Lawrence memanjat kursi demi menyapa Meryl Streep./Reuters-Lucas Jackson

 

- Piala Oscar menambah panjang deretan piala yang dimiliki Kobe Bryant
Film animasi pendek Dear Basketball yang ditulis Kobe dan disutradarai Glen Keane menjadi Film Animasi Pendek Terbaik dalam perhelatan ini.

- Jimmy Kimmel mengajak para selebriti menyambangi bioskop
Kimmel membawa sejumlah aktor dan aktris untuk mengunjungi sebuah bioskop yang ada di samping lokasi penyelenggaraan Piala Oscar. Kimmel dan rombongannya ingin mengagetkan para penonton bioskop yang tengah menonton film A Wrinkle in Time.

 

PIALA OSCAR 2018: Ini Deretan Momen yang Tak Boleh Dilewatkan

Jimmy Kimmel dan sejumlah aktor serta aktris berangkat menuju bioskop di samping Dolby Theatre./Reuters-Lucas Jackson

 

Armie Hammer, Lin-Manuel Miranda, Emily Blunt, dan Guillermo del Toro adalah beberapa di antaranya.

Tahun lalu, justru 'tamu tak diundang' yang menyambangi gelaran Piala Oscar. Ketika itu, serombongan turis dibawa masuk ke Dolby Theater untuk melihat langsung acara tersebut dan diperkenalkan kepada para selebriti ternama seperti Denzel Washington.

 

PIALA OSCAR 2018: Ini Deretan Momen yang Tak Boleh Dilewatkan

Sutradara The Shape of Water, Guillermo del Toro, bergurau dengan mengecek ulang amplop pemenang Film Terbaik./Reuters-Lucas Jackson

 

- Kembalinya Faye Dunaway dan Warren Beatty
Tahun lalu, Dunaway dan Beatty salah membacakan pemenang Film Terbaik dalam ajang yang sama. Namun, hal itu bukan disebabkan kesalahan mereka tapi memang karena amplop yang diberikan sudah salah.

Kali ini, tidak ada kesalahan ketika mereka membacakan bahwa The Shape of Water lah yang menjadi pemenang. Guillermo del Toro, sutradara film fantasi itu, sempat bergurau dengan mengecek ulang amplop tersebut ketika berada di panggung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Annisa Margrit
Editor : Annisa Margrit
Sumber : BBC, The Guardian
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro