Senang Bebas Utang

Apakah Anda siap untuk bebas dari utang? Orang yang bebas utang seringkali memiliki pola pikir yang sama sekali berbeda dari mereka yang memiliki utang. Mau tahu seperti apa pola pikir mereka? Tidak ada kata terlambat untuk membalikkan keadaan.
Tom MC Ifle, Director & The Head Coach PT Aubade Makmur | 09 Maret 2018 17:04 WIB
Tom Mc Ifle - jibi

Apakah Anda siap untuk bebas dari utang? Orang yang bebas utang seringkali memiliki pola pikir yang sama sekali berbeda dari mereka yang memiliki utang. Mau tahu seperti apa pola pikir mereka? Tidak ada kata terlambat untuk membalikkan keadaan.
Banyak orang ingin kaya tetapi sikap dan perilakunya bertolak belakang dengan keinginannya. Meskipun dua orang bisa memiliki pendidikan yang sama, berasal dari latar belakang keuangan yang sama dan menghasilkan jumlah uang yang sama, perbedaan dalam gambaran keuangan mereka bisa seperti siang dan malam. Bergantung pada bagaimana mereka melihat uang.
Orang-orang yang bebas utang mungkin telah membawa utang pada masa lalu atau mungkin telah menyaksikan malapetaka yang membawa sejumlah besar utang pada kehidupan orang lain, yang tidak bersumpah untuk tidak berada pada posisi yang sama. Akan tetapi yang hebat adalah jika menyangkut uang Anda, tidak peduli dari mana Anda memulai, Anda bisa memutuskan dari sini.
Inilah  dia tujuh  perilaku yang membuat Anda susah kaya:
Pertama, tidak tahu kemana perginya uang Anda.
Ketidaktahuan bukanlah kebahagiaan dalam hal uang, dan mereka yang bebas utang mengetahui hal ini. Meskipun beberapa di antaranya mungkin agak obsesif, orang-orang yang bebas dari utang menyadari uang mereka dan ke mana tujuannya. Mereka melampirkan nilai tinggi pada seratus rupiah, karena mereka tahu seberapa keras mereka harus bekerja untuk menghasilkannya.
Orang yang bebas utang mengawasi uang mereka, dan mereka memantau akun mereka sehingga mereka tahu di mana mereka berada. Pemantauan akun mereka juga membantu mereka menghindari ceroboh dengan uang mereka, mengeluarkan uang yang tidak perlu mereka belanjakan.
Kedua, malas menabung.  
Seringkali mentalitas orang-orang yang berutang adalah perasaan atau pola pikir bahwa uang mereka tidak pernah cukup. Jadi, mereka menghindari menabung dan tetap belanja. Sebaliknya, jika Anda memikirkan uang Anda seperti kue, dan Anda tahu ke mana harus pergi sebelum menghabiskannya, Anda bisa menghindari mentalitas ini sama sekali.
Anda mungkin pernah mendengar ucapan ini dari orang-orang yang telah berhasil dalam keuangan mereka: ‘Bayarlah diri Anda terlebih dahulu’. Orang-orang yang bebas utang tahu ini dengan benar!
Ketiga, mudah termakan janji palsu.
Mari kita hadapi. Jika Anda ingin bebas dari utang, Anda harus menjadi pembela dompet Anda. Orang yang bebas utang bisa mencium gimmick penjualan palsu dari jarak satu mil. Anda tidak akan melihat orang bebas utang mendaftar untuk ikut antrean diskon atau kredit tanpa bunga. Mereka terlalu pintar untuk itu. Jika mereka benar-benar menginginkan apa pun, mereka hanya akan menghemat uang.
Keempat, boros untuk hal yang tidak perlu.
Orang bebas utang tidak membuang-buang uang untuk barang yang tidak perlu, dan mereka selalu memeriksa untuk memastikan tidak ada biaya tersembunyi atas tagihan mereka. Mereka yang bebas utang pasti tidak akan mengeluarkan Rp800.000 pada sepasang sepatu kets. Tentu, mereka mungkin berbelanja secara royal sesekali. Akan tetapi, itu tidak akan menjadi barang mewah yang besar, dan itu pasti tidak akan menggagalkan keseluruhan rencana keuangan mereka.
Mereka menghindari melakukan pembelian yang tidak bijaksana, seperti mobil atau rumah yang tidak mampu mereka bayar, menghabiskan lebih banyak daripada harus membeli sesuatu, atau terlalu banyak mengeluarkan barang-barang konsumsi yang kehilangan nilainya.
Seiring dengan hal itu, mereka telah belajar memeras setiap ratus dari sekian rupiah, dan telah menemukan cara untuk menyelamatkan. Kebanyakan orang tidak berpikir ada ruang untuk menabung.
Kelima, kecanduan belanja.
Orang yang bebas utang tahu bahwa memiliki fokus pada perolehan barang dapat menempatkannya dalam kebiasaan keuangan dengan sangat cepat. Jadi, mereka tidak menjadi kecanduan belanja, dan mereka tidak membiarkan barang mendefinisikannya.
Sebaliknya, mereka menghargai hubungan dan pengalaman mengenai hal-hal, dan mereka belajar mengendalikan pengeluaran yang tidak perlu. Orang yang bebas utang tidak akan membiarkan uang mereka mengaturnya. Sebaliknya,  mereka mengatur uang mereka. Mereka kecanduan menyimpan uang.
Keenam, tidak mau belajar.
Orang yang bebas utang bertanggung jawab atas pendidikan finansial mereka. Bebas utang untuk mereka tidak terjadi karena keberuntungan atau sihir. Sebaliknya, itu karena mereka telah menyadari satu atau dua hal tentang uang, dan mereka berkomitmen untuk menjadi lebih baik. Mereka telah mengambil tanggung jawab atas keuangan mereka, dan sebagian hal itu berkaitan dengan pemahaman bagaimana uang bekerja. Jika Anda benar-benar berkomitmen untuk mencapai kebebasan finansial, Anda harus menginvestasikan energi yang dibutuhkan untuk mewujudkannya.
Ketujuh, membuang peluang menghasilkan uang.
Mereka yang bebas utang adalah pekerja keras! Tidak hanya mereka bekerja keras untuk menjaga anggaran mereka tetap pada jalurnya, mereka juga bekerja keras atas apa pun yang mereka lakukan untuk membayar tagihan. Bagaimana pun, penghasilan Anda benar-benar adalah aset nomor satu Anda untuk menghemat uang, melunasi utang, menghindari utang dan menabung untuk masa depan. Jadi, jika ada kesempatan menghasilkan uang, mereka tidak akan menyia-nyiakannya!
Jika Anda merasa berutang - jangan khawatir! Ada banyak orang yang pernah berada di tempat Anda sekarang telah bebas dari utang. Tidak memiliki beban utang adalah perasaan yang luar biasa! Berusahalah dengan keras untuk mencapai perasaan luar biasa itu!

Tag : utang
Editor : Bambang Supriyanto

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top