Ilustrasi/Istimewa
Relationship

Ini Tiga Langkah Cerdas Menghadapi Masalah

Nurudin Abdullah
Minggu, 11 Maret 2018 - 12:13
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-Setiap masalah akan membuat seseorang memperoleh pengalaman baru, yang di dalamnya terdapat berbagai peluang untuk lebih maju, berkembang dan naik kelas.

Sedangkan seseorang yang berfikir pesimistis cenderung melihat peluang sebagai masalah baru yang harus dihindari karena akan mendatangkan risiko dan masalah yang baru.

Padahal di dalam setiap masalah pasti ada peluang. Demikian kata Aris Ahmad Jaya, dalam bukunya berjudul 30 Hari Mencari Jati Diri, yang diterbitkan ABCo Publisher, Bogor, 2017, setebal 245 halaman.

Aris yang juga Chief Executive Officer PT ABCo Sugesti Motivatindo, menjelaskan bahwa ada tiga langkah cerdas untuk menghadapi masalah. Langkah Petama, ialah dengan melangkah setahap demi setahap.

Artinya, tidak ada bangunan kokoh yang tidak dimulai dengan peletakan batu pertama, dan juga tidak akan ada dibangun yang dibangun mulai dari bagian atapnya.

Yang diperlukan dalam melangkah setahap demi setahap itu adalah bagaimana anda mampu memecahkan rekor pribadi dengan cepat. Fokus pada tujuan dan apa yang dimpikan.

Kemudian rekor apakah yang harus dipecahkan secara terus menerus, dengan kata kuncinya adalah: Tentukan tujuan (mimpi Anda) dan pecahkan rekor pribadi dengan rumus 3 M-Aa Gym yaitu Mulai dari yang mudah, Mulai dari diri sendiri, dan Mulai dari sekarang.

Langkah cerdas Kedua ialah Belajarlah dari kesalahan anda sendiri. Sebab, tidak ada seorang atlet, salesman atau seorang penulis yangg berhasil menghindari kegagalan.

Dalam perjalanan hidup kekcewaan dan kegagalanlah yang akan mengawali kesuksesan. Anda harus tahu bahwa "orang yang sukses lebih banyak gagalnya dari pada orang yang gagal."

Adapun kata kunci belajar dari kesalahan adalah  beranilah menanggung risiko terburuk dari apa yang anda kerjakan. Hadapi masalah dan jangan lari. Sebab, ketika lari dari masalah itu sesungguhnya anda tidak akan mampu, karena  kemanapun itu pergi dan disitu pula anda bertemu dengan diri sendiri.

Belajar pada kesalahan sendiri akan memudahkan anda untuk melangkah kepada hasil yang lebih baik dan tidak terjatuh pada lubang sama untuk yang kedua kali.

Ingatlah bahwa anda tidak pernah gagal, karena yang gagal adalah peristiwanya saja dan bukan anda. Tahukah anda jika kita belajar masak tempe dan gosong yang gosong adalah tempenya. 

Langkah cerdas menghadapi masalah yang Kegia adalah yakinlah dan percayakan diri anda pada Tuhan.  Percayalah sepenuh hati kepada Allah SWT, tanpa sedikit pun keraguan di dalamnya.

Sebagai misal, cicak pun percaya bahwa selama mau bergerak dan mencari peluang, tidak akan mengalami kelaparan walau semua makanannya mampu terbang, sedangkan cicak tidak bisa terbang. Bagaimana dengan anda?

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nurudin Abdullah
Editor : Fajar Sidik
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro