Penikmat es Chendul Penang/Youtube
Fashion

Char Kuey Teow & Es Chendul, Kuliner Wajib saat Berkunjung Penang

Eka Chandra Septarini
Senin, 12 Maret 2018 - 17:04
Bagikan

Pulau Pinang atau Penang merupakan sebuah pulau milik Malaysia yang terkenal dengan wisata medis bagi warga Indonesia. Salah satu yang menjadi pertimbangan utama adalah adanya beberapa rumah sakit bagus di kota tersebut dengan fasilitas layanan yang ramah dan responsif.
Selain itu, lokasi Penang yang mudah dijangkau dan biaya hidup yang lebih murah dibandingkan dengan Kuala Lumpur. Kota itu semakin banyak didatangi warga negara Indonesia untuk berobat ataupun untuk sekadar liburan.
Lepas dari wisata medis tersebut, kuliner yang ada di Penang juga memiliki daya tarik tersendiri. Seperti kebanyakan daerah di Malaysia lainnya, wilayah Penang juga merupakan daerah multikultur yang kebanyakan terdiri dari China, India, dan Melayu. Kultur ini tentunya memengaruhi cita rasa dan jenis makanan yang ada di Penang.
Salah satu yang terkenal adalah Char Kuey Teow dan Es Chendul. Char Kuey Teow sebenarnya cukup familiar dengan lidah orang Indonesia. Bentuknya seperti kwetiau tetapi lebih pipih dan lebih lebar. Dalam setiap porsi Char Kuey Teow biasanya berisi telur orak arik, sayuran seperti sawi dan tauge, potongan daging ayam, serta  udang.
Mudah untuk menemukan hidangan ini di penjuru Penang  tetapi yang terkenal adalah Penang Road Famous Char Kuey Teow. Lokasinya berada di Jalan Penang, tidak jauh dari Komtar yang menjadi pusat transit transportasi umum di Penang.
Selain itu, lokasi ini juga bisa dijangkau dengan berjalan kaki dari Pasar Chowrasta yang terkenal dengan pusat oleh-olehnya. Satu porsi Char Kuey Teow ini dibanderol dengan harga 7 Ringgit Malaysia atau sekitar Rp22.000.
Di titik yang sama, wisatawan bisa sekaligus mencicipi Es Chendul yang kerap menjadi buruan para pencinta kuliner. Tampilannya mirip dengan es cendol di Indonesia tetapi ada tambahan isian kacang merah dan susu kental manis dalam setiap sajian. Es Chendul ini merupakan adopsi dari cendol asli Indonesia.
Untuk 1 porsi es Chendul yang disantap ditempat dibanderol dengan harga 3 ringgit Malaysia atau sekitar Rp10.000.
Lantaran begitu terkenalnya lokasi ini di kalangan pencinta kuliner dan wisatawan, hampir 90% pengunjung yang merupakan wisatawan rela antre untuk mendapatkan tempat duduk. Bahkan, ada yang rela berdiri saat menyantap kuliner jalanan ini.
Jika berkunjung ke Penang, sempatkanlah untuk mencicipi kuliner ini. Memang, banyak kuliner lain yang juga tak kalah lezat yang menggoda lidah. Char Kuey Teow dan Es Chendul ini merupakan salah satu menu wajib yang harus dicoba. Selain sehat dengan berobat, Penang juga bisa jadi alternatif untuk para pejalan yang menyukai kuliner. Selamat mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro