IWAN TIRTA: Refleksi Busana Masa Kini Tanpa Tinggalkan Akar Budaya

Iwan Tirta Private Collection, Sebuah batik house selalu mempresentasikam karya yang tak hanya sekadar istimewa, namum juga mampu mengapresiasi akar budaya.
Asteria Desi Kartika Sari | 20 Maret 2018 00:02 WIB
Koleksi Iwan Tirta - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Iwan Tirta Private Collection, sebuah batik house selalu mempresentasikam karya yang tak hanya sekadar istimewa, tetapi juga mampu mengapresiasi akar budaya.

Selain itu, Iwan Tirta juga mampu memberikan terobosan yang relevan dengan masanya. Untuk itu, Iwan Tirta juga akan melakukan beberapa kolaborasi sepanjang 2018 agar dapat menciptakan karya seni batik dengan jangkauan yang lebih luas.

Kali ini, Iwan Tirta mengusung tema Nuswantara untuk rangkaian koleksi tahun ini. Tema tersebit pertama kali dilaunching melalui pagelaran Plaza Indonesia Fashion Week 2018.

Marketing Manager Iwan Tirta Private Collection Rindu M. Pradnyasmita mengatakan Nuswantara merupakan pengejawantahan dari kata Nusantara sebagaimana wilayah Indonesia yang terdiri dari berbagai pulau dengan segala budaya.

Batik sendiri sangat erat dengan kultur di Jawa Tengah, tetapi untuk koleksi Nuswantara Iwan Tirta tidak hanya menampilkan motif dari Jawa Tengah saja juga dari berbagai daerah lainnya.

"Iwan Tirta menampilkan kombinasi motif Boketan dan Hokokai yang sangat feminin serta banyak dipengaruhi dari budaya Eropa dan Jepang, " kata Rindu, Senin (19/3/2018)

Rindu mengatakan hal tersebut diaplikasilan melalui motif batik menyerupai gradasi yang biasanya ditampilkan pada motif batik mega mendung.

"Sebanyak 24 koleksi wanita ready to wear dengan kombimasi warna biru, u.gu, marun, hitam, dan putih dalam material organza, cotton viscose, satin silk yang dikombinasikam dengan kain tenun," jelasnya.

 

Tag : iwan tirta
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top