7 Cara Berhenti Merokok

Merokok berbahaya bagi kesehatan! Kita semua sangat sadar akan bahaya kesehatan yang diakibatkan oleh merokok.
Mia Chitra Dinisari | 30 Maret 2018 07:03 WIB
Ilustrasi - Women/info

Bisnis.com, JAKARTA - Merokok berbahaya bagi kesehatan! Kita semua sangat sadar akan bahaya kesehatan yang diakibatkan oleh merokok.

Angka kematian akibat tembakau terus naik setiap tahunnya. Orang-orang merasa sangat sulit untuk bertempur dengan kebiasaan ini. Ada orang-orang yang benar-benar mencoba untuk berhenti merokok tetapi hanya segelintir yang berhasil keluar dari ini.

Sementara banyak dari mereka masih terus menyerah pada kebiasaan ini dan sering mendapati diri mereka semakin terlibat. Menghentikan kebiasaan ini tidak diragukan lagi merupakan pekerjaan yang sangat sulit; tetapi masih ada banyak kisah inspiratif dari orang-orang yang telah berhasil menendang keluar merokok, memilih untuk hidup sehat.

Memutuskan untuk berhenti sendiri adalah tanda positif bahwa Anda dapat melakukannya. Meskipun tidak ada yang bisa berubah dalam semalam, dengan upaya yang gigih dan pikiran positif, pertempuran bisa dipastikan akan menang seiring berjalannya waktu.

Jadi, berikut ini beberapa cara untuk berhenti merokok, coba lihat. cara berhenti merokok tips

1. Daftar Pemicu Merokok

Saat Anda mulai dengan rencana berhenti merokok, penting untuk mengetahui pemicu merokok. Seperti apa yang membuat Anda merasa seperti merokok dan kapan.
Mencatat pemicu mungkin merupakan ide yang baik untuk mengidentifikasi apa yang memicu Anda untuk melakukan kebiasaan ini. Setelah Anda mulai mencatat pemicu, Anda mungkin akrab dengan pola kebiasaan merokok Anda, dan mulai bisa menyusun rencana mengurangi atau bahkan menghentikannya.

2. Dapatkan Bantuan Dari Teman dan Keluarga.

Mendapatkan bantuan teman-teman dan keluarga Anda yang terlibat dalam keputusan Anda untuk berhenti merokok dapat memberi Anda semua dukungan dan dorongan dari mereka.
Jadi, beritahukan mereka tentang keputusan Anda berhenti merokok dan carilah bantuan jika diperlukan.

3. Bergabung Dalam Grup

Selalu ada baiknya untuk melibatkan diri dengan teman atau grup yang tidak merokok.
Pengalaman berbagi dapat saling membantu dan juga membuat Anda termotivasi untuk melanjutkan rencana Anda.

4. Buat diri Anda Sibuk

Gagasan untuk menjaga diri sibuk adalah dengan mengalihkan perhatian Anda dan itulah yang harus Anda lakukan ketika Anda mendapatkan pemicu merokok tersebut.
Nikotin meningkatkan faktor 'merasa baik' di dalam diri Anda setiap kali Anda merokok, jadi untuk berhenti merokok, Anda harus mencoba untuk mendapatkan faktor perasaan-baik dengan melibatkan pikiran Anda dengan kegiatan lain.

Ikuti hobi - baca buku, habiskan waktu di kebun, berenanglah atau apapun yang membuat Anda terpesona dan tetap sibuk. Ini akan membantu menahan pemicu untuk merokok.

5. Bersantai & Meditasi

Meditasi dapat membantu Anda dalam proses berhenti merokok. Penting untuk menenangkan pikiran Anda, bukan untuk menciptakan stres yang tidak perlu.

Dan meditasi dapat benar-benar efektif dalam mengurangi stres dan untuk menyadari pemicu merokok dan keinginan Anda. Ini juga membantu Anda untuk mengendalikan diri dan dengan demikian menahan hasrat dan pemicu Anda.

6. Minum air putih

Saat minum air menghidrasi tubuh Anda dan hilangkan dahaga Anda, minum air putih disarankan untuk orang yang sedang dalam proses berhenti merokok.
Menyedot air sepanjang hari, kapan pun keinginan untuk merokok muncul, bisa sangat membantu dalam mengatasi pemicu merokok.

7. Akhirnya, Hadiahi Diri Anda

Mengakui kesuksesan Anda hari demi hari dan menghargai diri sendiri untuk hal yang sama akan memberi Anda kepositifan yang Anda lakukan dengan baik.
Lacak dan tinjau kemajuan Anda dan beri penghargaan diri Anda sendiri. Melakukan hal itu akan menanamkan kepercayaan pada Anda untuk bergerak maju.

Apa lagi yang bisa Anda berikan untuk diri sendiri daripada hadiah berharga dari tubuh yang sehat? Ingat, kesehatan ada di tangan Anda. Berhenti merokok adalah pilihan terbaik yang mungkin Anda buat untuk diri sendiri.

Sumber : Boldsky.com

Tag : merokok
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top