Anak Stres Jelang Ujian? Berikut Hal yang Harus Diwaspadai

Ujian Nasional akan segera digelar. Pastinya ketegangan dan stres bukanlah hal yang tidak mungkin terjadi pada siswa, termasuk juga pada orang tua yang anaknya akan menjalani UN.
Mia Chitra Dinisari | 31 Maret 2018 06:11 WIB
Siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Ujian Nasional akan segera digelar. Pastinya ketegangan dan stres bukanlah hal yang tidak mungkin terjadi pada siswa, termasuk juga pada orang tua yang anaknya akan menjalani UN.

Tak sedikit siswa yang tiba-tiba jatuh sakit menjelang ujian tiba. Atau bahkan menjadi sulit berpikir padahal sebelumnya dia merasa mampu menjawab semua soal dalam ujian yang diberikan.

Bukan hanya anak-anak; orang tua juga cenderung merasakan panasnya jelang ujian anak-anak. Pada gilirannya mereka menekan anak-anak untuk bekerja lebih keras untuk mendapatkan angka yang bagus.

Tetapi sebagai siswa dan orangtua mereka, Anda harus ingat bahwa stres adalah bagian alami dari kehidupan dan Anda harus menghadapinya pada titik tertentu atau yang lain.

Daripada menyerah pada stres, Anda harus mencoba menggunakannya sebagai bahan bakar untuk membantu Anda berusaha lebih keras untuk berhasil dan mencapai tujuan Anda.

Sebelum Anda dapat menentukan cara-cara mengurangi stres jelang ujian, Anda harus mencari tahu apa yang menyebabkan begitu banyak stres. Setelah itu ditentukan, kita dapat dengan mudah mencari cara untuk mengurangi stres.

 

Tag : ujian nasional
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top