Facebook Untuk Marketing

Facebook termasuk media sosial yang paling banyak digunakan untuk marketing online. Jumlah pengguna Facebook yang tertinggi di Indonesia dan dunia jika dibandingkan dengan media sosial lainnya. Penggunanya berasal dari berbagai latar belakang usia, pendidikan, tingkat ekonomi, minat, dan berbagai karakter lainnya.
Tom MC Ifle, Director & The Head Coach PT Aubade Makmur | 02 April 2018 17:32 WIB
Tom Mc Ifle - jibi

Facebook termasuk media sosial yang paling banyak digunakan untuk marketing online. Jumlah pengguna Facebook yang tertinggi di Indonesia dan dunia jika dibandingkan dengan media sosial lainnya. Penggunanya berasal dari berbagai latar belakang usia, pendidikan, tingkat ekonomi, minat, dan berbagai karakter lainnya.

Pengguna Facebook saat ini mulai dari pelajar SD hingga usia pensiunan, baik perempuan maupun laki-laki. Sangat mungkin bahwa target pasar bisnis Anda ada banyak di Facebook.

Facebook memiliki beragam fitur yang membuatnya lebih unggul dibandingkan dengan media sosial lainnya. Facebook bisa digunakan untuk mendatar atau mengakses aplikasi lainnya, seperti marketplace, pemutar musik, permainan, dan semacamnya.

Pengembangan pun terus dilakukan dari tahun ke tahun, membuat semakin banyak pengguna baru yang mendaftar. Penggunaan Facebook terutama di kalangan muda bersifat viral, satu orang akan mengajak temannya untuk mendaftar agar bisa berbagi dan berinteraksi. Ini artinya, segmen pasar Anda akan selalu terbuka.

Berikut ini beberapa fitur Facebook yang membuatnya cocok digunakan sebagai media pemasaran.

Pertama, konten status yang diunggah dan dibagikan ke publik bisa berupa teks dalam jumlah karakter yang tidak terbatas. Bisa satu kata, satu kalimat, satu paragraf, atau satu halaman penuh. Facebook menyediakan beragam background atau latar menarik pada teks dengan jumlah kalimat pendek.

Kedua, foto bisa diunggah juga dalam jumlah besar dalam sekali update status. Anda bisa memasang satu atau dua foto sekali posting, atau langsung memasang ratusan foto sekaligus dalam sekali posting. Pada fitur foto atau gambar ini ada fasilitas editing yang memungkinan Anda memberi perubahan yang diperlukan untuk mempercantik foto.

Misalnya, pencahayaan, cropping, penambahan teks dalam foto, penambahan sticker, dan masih banyak lagi. Anda bisa menyimpan dan mengatur koleksi foto-foto promosi pada folder berbeda sesuai dengan kriterianya. Ini memudahkan untuk penataan ataupun pengelolaan fan page. Anda bisa mudah mendapatkan foto lama dari beberapa tahun yang lalu. Begitu pula dengan pengikut atau pengunjung fanpage, bisa mudah melihat-lihat koleksi produk ataupun promosi yang Anda miliki.

Berkaitan dengan foto ini, Facebook memiliki fasilitas membuat slide show. Tiga foto dirangkai sejajar dan bisa dilihat dengan cara digeser ke kanan atau kiri. Tampilan seperti sungguh menarik, terutama untuk tujuan pemasaran.

Ketiga, mengunggah video bisa dilakukan dengan mudah. Cocok untuk Anda yang memiliki media promosi berupa video ataupun klip singkat seperti GIF.

Keempat, tautan atau link juga bisa dibagi dengan cepat. Bahkan posting yang memuat link menarik pada fanpage merupakan jenis posting yang paling tinggi mendapat respons dari pengikutnya. Anda bisa menyebarkan tautan langsung menuju website bisnis ataupun website lain yang menunjang target marketing Anda.

Kelima, ada beberapa pilihan jenis akun yang tersedia, yaitu akun pribadi, grup, dan fanpage.

Akun pribadi ditujukan untuk pemakaian pribadi. Pengaturan aplikasinya disesuaikan dengan kebutuhan perorangan. Di samping itu, banyak juga yang pengguna yang memanfaatkan akun ini untuk keperluan bisnis. Sekadar untuk perkenalan produk, pelayanan konsumen, hingga transaksi penjualan.

Marketing dengan akun Facebook mungkin masih cocok untuk bisnis skala kecil. Seap akun memiliki batasan jumlah teman yang terkoneksi. Bagi sebuah bisnis, pembatasan jumlah teman ini artinya terbatasnya target pasar potensial. Selain itu, interaksi antara pemilik akun dengan pengguna lain baru bisa terjalin jika sudah berstatus “berteman”.

Grup Facebook ditujukan untuk membentuk suatu komunitas dengan latar belakang atau ketertarikan yang sama. Grup ada bersifat terbuka di mana semua orang bisa bergabung dan melihat isi konten dalam grup tanpa persetujuan admin grup. Adapun grup tertutup baru bisa dimasuki jika pengguna sudah mendapat persetujuan admin untuk bergabung.

Yang paling banyak digunakan pelaku bisnis adalah fanpage. Siapa pun yang melihat dan tertarik pada fanpage ini bisa bergabung menjadi follower atau pengikut hanya dengan mengklik tombol “like” atau “suka”. Tidak perlu persetujuan admin untuk menjadi pengikut, serta tidak ada batasan jumlah pengikut. Ini artinya, segmen pasar begitu terbuka lebar.

Keenam, Facebook memiliki layanan iklan berbayar. Anda bisa memasang iklan dengan harga tertentu dan jumlah tayang tertentu. Konten iklan akan tampil pada timeline pengguna Facebook yang menjadi target pasar Anda. Efektivitas layanan ini sangat bergantung dari kualitas konten serta pemilihan target pasar yang tepat.

Kualitas konten merupakan hal paling pentng dalam Facebook marketing. Kemaslah konten semenarik mungkin namun tetap sejalan dengan tujuan pemasaran. Gunakan semua jenis media pendukung seperti teks, foto, video, dan link. Padu padankan semuanya dalam kemasan yang proporsional. Sesuaikan gaya marke?ng Anda dengan karakter segmen pasar.

Postingan yang paling banyak disukai dan dibagikan kembali oleh pengikut adalah yang berkaitan dengan emosi. Misalnya postingan yang membuat haru, kagum, lucu, marah, penasaran, hiburan, dan sebagainya.

Jika Anda masih merasa kesulitan menggunakan Facebook secara optimal atau belum yakin dengan apa yang akan dilakukan dengan Facebook bisnis Anda, cobalah belajar dari produk yang sudah jalan. Untuk perbandingan, carilah sedikitnya tiga akun atau fanpage pesaing terbaik Anda. Pilihlah fanpage yang memiliki banyak follower dengan tingkat interaksi tinggi.

Semakin banyak pengikutnya, semakin bagus. Amatilah bagaimana mereka melakukan pemasarannya. Jangan takut atau gengsi untuk belajar dari pesaing. Praktikkanlah ATM, yaitu aman, tiru, dan modifikasi. Tidak ada salahnya mencontek dari pesaing bisnis. Yang pen?ng jangan melakukan plagiasi. Jangan meniru secara keseluruhan seperti scanner. Adopsilah ide-idenya yang sesuai dengan bisnis Anda tetapi beri moditifikasi yang membuat produk Anda berbeda dan memiliki nilai jual tinggi.

Tag : facebook
Editor : Bambang Supriyanto

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top