CEO RCTI Kanti Mirdiati (pakai jilbab/tengah) saat menjelaskan tentang pencapaian Indonesian Idol season 9 saat press conference Grand Final Indonesian 2017-2018 di Plaza Indonesia, Selasa (10/4/2018).
Show

Inilah Catatan Kesuksesan Indonesian Idol Season 2017-2018

Yusran Yunus
Selasa, 10 April 2018 - 21:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penyelenggaraan Indonesian Idol season 9 tahun 2017-2018 yang kini sudah memasuki babak akhir, Grand Final, dinilai berjalan sukses dengan hasil menggembirakan.

Sukses pertama, Indonesian Idol season 9 yang mulai tayang perdana pada 18 Desember 2017, telah menyita perhatian masyarakat dengan menjadi program unggulan yang dinanti-nanti kehadirannya dalam setiap pekannya.

Tidak hanya menyedot pemirsa melalui saluran konvensional (televisi), namun juga telah menghibur pemirsa yang memanfaatkan platform digital seperti live streaming melalui channel di Opera Mini (Idolbyopera.com), Youtube, Facebook, Instagram dan platform lainnya.

"Indonesian Idol season kali ini luar biasa, sangat sukses. Bisa dilihat reach-nya, yang menyaksikan [baik melalui televisi
konvensional dan platform digital] mencapai 1 miliar orang," kata President of FremantleMedia Indonesia, Indriena Basarah kepada Bisnis seusai Press Conference Grand Final Indonesian Idol di Plaza Indonesia, Selasa (10/4/2018).

FremantleMedia Indonesia adalah pemegang lisensi Indonesian Idol.

Sukses kedua, pihak sponsor merasakan dampak yang luar biasa terhadap peningkatan brand awareness perusahaan secara keseluruhan. Opera Mini menjadi sponsor utama event reality show ini, didukung oleh sponsor lainnya yakni Grab Indonesia.

"Kami tidak menyangka pencapaian kami dengan mendukung Indonesian Idol ini sangat luar biasa dan memuaskan. Ada pertumbuhan yang signifikan dari pengguna browser terutama video streaming dari setiap episode dan platform online voting dalam memberikan dukungan kepada Idol favoritnya. Yang memanfaatkan channel video, tumbuhnya luar biasa, hingga mencapai 400%," kata Indonesia Head of Content Opera Software International, Jatu Anggraeni.

Grab Indonesia, juga begitu bergembira dengan mendukung Indonesian Idol. "Kami senang menjadi bagian dari perjalanan idola baru Indonesia dan mendorong kemajuan industri musik Indonesia," kata Marketing Director Grab Indonesia, Mediko Azwar.

Sukses ketiga, Indonesian Idol yang mulai digelar sejak 2004, kini kembali melahirkan bakat-bakat baru yang akan semakin menggairahkan industri musik Tanah Air.

Inilah Catatan Kesuksesan Indonesian Idol Season 2017-2018


Dua finalis Grand Indonesian Idol, Ahmad Abdul dan Maria Simorangkir (di depan), pose bersama jajaran manajemen RCTI, perusahaan sponsor dan para juri Indonesian Idol season 9 di Plaza Indonesia, Selasa (10/4/2018).

Setelah menyaring puluhan ribu talent dari 5 kota audisi yaitu Medan, Surabaya, Jakarta, Yogyakarta, Denpasar, dua calon Idol yakni Ahmad Abdul (27) asal Denpasar Bali dan Maria Simorangkir (16) asal Medan, akan mewarnai ingar-bingar panggung musik Indonesia.

Keduanya akan bertarung di babak Grand Final pada 23 April 2018 pukul 21.00 WIB di Ecovention Ancol Jakarta Utara.

Dari perjalanan panjang selama hampir 4 bulan dan pencapaian menggembirakan tersebut, pihak Rajawali Citra Televisi Indonesia (RCTI) mempertimbangkan untuk menggulirkan kembali Indonesian Idol di tahun depan.

"Kita akan lihat result akhirnya dulu, setelah itu duduk bersama dengan pihak sponsor untuk melakukan evaluasi. Soal apakah akan digelar tahun depan atau tahun berikutnya, nanti akan kita lihat," kata Director of Programming and Aqcuisition RCTI, Dini Putri.

Pihak RCTI mengapresiasi dukungan pihak sponsor dalam menyukseskan penyelenggaraan Indonesian Idol season 9. "Dengan lahirnya idola baru lewat Indonesian Idol ini, RCTI semakin mengukuhkan eksistensinya di dunia talent search Tanah Air. Dan Indonesian Idol menjadi program kebanggaan kami yang dicintai oleh pemirsa," ujar CEO RCTI, Kanti Mirdiati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Yusran Yunus
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro