Seniman Naufal Abshar Siap Berpameran Tunggal di D Gallerie

Dika Irawan | 23 April 2018 19:19 WIB

Bisnis.com, JAKARRTA - D Gallerie akan menghelat pameran tunggal seniman Naufal Abshar bertajuk The World of Entertainment di D Gallerie, Jalan Barito, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada 27 April hingga 27 Mei mendatang.

Dalam siaran pers yang diterima, Senin (23/4/2018), disebutkan lukisan-lukisan Naufal Abshar dalam pameran yang dikuratori oleh Chabib Duta Hapsoro ini menyoroti dunia kelas menengah dalam beberapa gaya bahasa terutama sarkasme dan ironi dalam rupa figuratif dan tulisan-tulisan mungil spontan. Sosok-sosok dalam lukisan-lukisan Naufal hampir seluruhnya tertawa lebar.

Naufal mengatakan, bahwa tawa yang hadir dalam lukisannya mencerminkan tawa dalam sebuah pesta yang dihadiri sosialita, komunitas di mana Naufal seringkali menjadi bagian di dalamnya. Sosok-sosok dalam lukisannya hadir dalam penampakan “grotesk”: wajah-wajah terdistorsi dalam rupa yang buruk dan memasang tawa yang lebar.Anehnya tawa mereka seringkali disertai dengan tatap mata kosong.

Rupa yang “grotesk” menandai kritik Naufal pada dunia sosialita di mana para pelakunya memiliki keinginan berlebih untuk eksis dan di saat yang sama haus akan hiburan sehingga berperilaku kurang masuk akal dan berlebihan.

Menatap figur-figur buruk rupa tersebut dan membaca lelucon-lelucon “usil” Naufal yang menyertainya membuat pencinta seni bisa menertawakan dunia sosialita atapun dunia hiburan, sebuah dunia yang tadinya biasa kita lihat di layar kaca.

Makin tingginya kebutuhan manusia akan hiburan hari ini sebenarnya makin dapat dipenuhi oleh gawai komunikasi dan media sosial. Dunia hiburan pun makin menjadi tontonan yang membuat para pelakunya dapat menjadi produsen dan konsumen hiburan sekaligus.

Dunia hiburan kemudian tak hanya dimiliki oleh para sosialita sendiri melainkan meluas ke segala kalangan.

"Maka, dengan menatap sosok-sosok yang tertawa saat mengkonsumsi hiburan dalam lukisan Naufal kita sebetulnya menertawakan diri kita sendiri. Melukis menjadi upaya Naufal untuk memberi jeda ruang dan waktu dari dari “dunia hiburan” yang hingar-bingar dan gemerlap," demikian pernyataan D Gallerie.

Tag :
Editor : Dika Irawan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top