Toilet/Istimewa
Health

Bukan Tisu, Begini Cara Efektif Bersihkan Dudukan Toilet

JIBI
Selasa, 24 April 2018 - 10:26
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perempuan memiliki kebiasaan berbekal tisu saat memasuki toilet umum. Beberapa lembar tisu itu digunakan untuk membersihkan dudukan toilet. Lantas, apakah cara tersebut efektif untuk untuk menghindari bakteri?

Ketua Perhimpunan Ahli Mikrolobi Klinik Indonesia (Pamki) DKI dan Dokter Ahli Mikrolobi Klinis, Wani Devita Gunardi menjelaskan bahwa hal itu tidak berpengaruh apapun untuk menghindari bakteri. Terlebih, jika hanya menggunakan tisu biasa bukan tisu basah yang mengandung alkohol.

“Bakterinya udah banyak banget di situ. Nggak tahu seberapa banyak orang yang pake toilet itu dan kita juga nggak tahu orang itu ada penyakit atau nggak ya,” kata Wani saat ditemui di Nine Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (23/4/2018).

Wani menyarankan selalu membawa dan melapisi dudukan kloset dengan tisu basah yang mengandung alkohol, sebelum menggunakannya. Dia juga menyarankan jangan terlalu rapat, erat, dan menekan dudukan atau bibir kloset untuk meminimalisir terkena bakteri.

"Maksud saya, jangan sampai menempel banget (dengan dudukan kloset). Istilahnya, pakai ilmu gaya ringan," kata dia.

Meski begitu, Wani melanjutkan, bukan berarti menggunakan toilet jongkok lebih bersih dan lebih baik dibanding toilet duduk.

"Kalau toilet jongkok risikonya ada pada kemungkinan cipratan kotoran," ucap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro