Presiden Joko Widodo menerima komunitas fesyen muslim di Istana Bogor, Kamis (26/4)./JIBI-Amanda Kusumawardhani
Fashion

Jokowi Instruksikan Gelar Forum Internasional Busana Muslim

Amanda Kusumawardhani
Kamis, 26 April 2018 - 11:00
Bagikan

Bisnis.com, BOGOR - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan kementerian dan lembaga terkait untuk menyelenggarakan forum fesyen muslim internasional guna mendorong promosi pasar fesyen Indonesia di mancanegara.

Jokowi menyebut nilai ekonomi industri fesyen di Indonesia mencapai Rp166 triliun, sedangkan nilai keekonomian fesyen muslim baru di kisaran Rp54 triliun.

"Tetapi ini bisa diinjeksi lagi, terutama di pasar-pasar luar. Saya sudah sampaikan ke menteri untuk disiapkan, dibicarakan pagi ini untuk menyiapkan sebuah forum, sehingga busana muslim kita lebih dikenal dan bisa menguasai pasar di negara lain," ucapnya ketika menemui komunitas fesyen muslim di Istana Bogor, Kamis (26/4/2018).

Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, dia menambahkan, kesempatan Indonesia untuk menguasai pasar fesyen muslim sangat terbuka lebar.

Kesempatan ini tentunya diakuinya harus didukung melalui kerja sama yang baik antara pengusaha, desainer, dan pemerintah.

Jokowi Instruksikan Gelar Forum Internasional Busana Muslim

Dengan dinamisnya perkembangan industri ini, dia menilai industri kreatif/fesyen ini memiliki masa depan yang luar biasa cerah. Saat ini, dia menyebut ratusan juta orang di Asia, Amerika, Afrika Selatan,Timur Tengah, dan Indonesia sendiri memiliki pertumbuhan kelas menengah yang cukup besar dan bisa menjadi modal besar bagi perkembangan industri fesyen.

"Setiap kali saya keliling dunia banyak ketemu orang. Mereka selalu mengatakan pada saya bahwa busana muslim rancangan Indonesia sangat digandrungi. Sekarang bagaimana kita mampu mengembangkan ini sehingga Indonesia bisa jadi pusat busana muslim dunia," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro