Warga memilih makanan untuk berbuka puasa di Pasar Takjil Benhil, Jakarta, Sabtu (27/5/2017)./Antara-Wahyu Putro A
Health

Ini Contoh Menu Makanan yang Bisa Dikonsumsi Saat Puasa

Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh
Jumat, 4 Mei 2018 - 13:59
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Bingung memilih menu yang cocok untuk dikonsumsi saat puasa agar tubuh tetap sehat dan bugar?

Dalam acara #PuasaSehat bareng Halodoc di Jakarta, Jumat (4/5/201, dr. Jovita Amelia memberikan contoh menu sehat yang bisa Anda konsumsi saat Ramadan.

Pertama, Anda bisa berbuka puasa dengan minum 2 gelas air putih ditambah makan 2-3 buah kurma. Bisa juga diganti dengan jus buah dan 1 gelas susu atau teh.

Kedua, untuk makan besar atau makan malam, disarankan agar Anda makan sesuai dengan kebutuhan. Contohnya, Anda bisa mengonsumsi nasi--nasi merah lebih disarankan--dengan lauk ayam bakar ditambah lauk nabati seperti tahu, tempe, dan sayur sop. Jangan lupa minimal minumlah dua gelas air setelah makan.

Ketiga, untuk snack atau makanan ringan di malam hari, usahakan untuk tidak mengonsumsi makanan yang mengandung minyak banyak seperti gorengan. Anda lebih disarankan untuk mengonsumsi makanan ringan dari umbi-umbian seperti ubi, talas, singkong dan sebagainya disertai buah dan dua gelas air putih.

Terakhir, untuk menu sahur, Anda harus merepresentasikan program menu 4 sehat 5 sempurna. Jadi, harus ada nasi, lauk hewani, lauk nabati, sayuran, buah, dua gelas air putih dan juga disarankan untuk meminum satu gelas susu rendah lemak.

"Jadi, saat sahur itu yang harus diperhatikan adalah konsumsi dari karbohidrat kompleksnya, seperti nasi, nasi merah lebih bagus. Lalu, roti gandum, oatmeal, sayuran dan buah, karena itu akan menjadi energi ketika kita berpuasa," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro