Pameran bertajuk Asmat Melihat Dunia./.Bisnis-Dika Irawan
Fashion

Ingin Mengenal Asmat, Yuk Kunjungi Pameran ini

Dika Irawan
Jumat, 4 Mei 2018 - 18:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam usaha melestarikan budaya dan tradisi ukir Asmat, digelar pameran bertajuk Asmat Melihat Dunia dihelat pada Jumat (4/5/2018) di HAN Awal & Partners, Bintaro, Tangerang. B

erlangsung hingga 8 Juni mendatang pameran yang digelar oleh Yayasan Widya Cahaya Nusantara dan Rumah Asuh tersebut mengajak pengunjung untuk mengetahui lebih dalam tentang Asmat melalui karya ukiran.

Penggagas Rumah Asuh Arsitek Yori Antar mengatakan, pameran ini digelar untuk mengenalkan kembali budaya Asmat terutama bagi generasi muda Indonesia. Dengan harapan kelak dapat mendukung usaha renovasi Museum Asmat serta melestarikan budaya dan seni dalam jangka panjang.

"Kesenian dan budaya Asmat sudah terkenal di seluruh dunia. Bahkan, nama Asmat bagaikan figur selebritis yang banyak mengisi berbagai museum ethnography. Kehadiran kesenian Asmat nyaris seperti lagu wajib. Artefakya hadir di mana-mana. Namun, apakah Asmat telah dikenal baik di Indonesia?," ujarnya dalam jumpa pers di HAN Awal & Partners, Bintaro, Tangerang, Jumat (4/5/2018).

Dalam pameran ini pengunjung dapat mengamati berbagai karya seperti cindera mata, patung, dan aksesoris khas Asmat. Karya-karya tersebut dikategorisasikan berdasarkan beberapa tema yaitu people, home & culture, warrior, Asmat & Modern Approach, tree, dan Water.

Jenfilia S. Arifin dari yayasan Widya Cahaya Nusantara Youth mengatakan akan lebih menarik bila karya seni dan budaya itu disampaikan sesuai dengan tren masa kini sehingga mendapatkan perhatian lebih luas dari anak-anak muda.

"Pameran ini dikemas sedemikian rupa dengan konsep kekinian sehingga dapat memunculkan seni dan budaya Asmat lebih ke permukaan," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dika Irawan
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro