Hindari Gorengan dan Kafein Saat Sahur

Pada sahur pertama, biasanya orang-orang belum terbiasa bangun sebelum subuh sehingga lebih banyak memilih untuk menyiapkan makanan yang mudah diolah, termasuk makanan yang digoreng.
Newswire | 16 Mei 2018 12:36 WIB
Ayam goreng - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Pada sahur pertama, biasanya orang-orang belum terbiasa bangun sebelum subuh sehingga lebih banyak memilih untuk menyiapkan makanan yang mudah diolah, termasuk makanan yang digoreng.

Namun, makanan yang digoreng ternyata tidak disarankan untuk dikonsumsi saat sahur. Ahli gizi menyarankan agar konsumsi makanan gorengan dan kafein dihindari saat sahur karena bisa meningkatkan produksi asam lambung.

"Saat sahur, hindari makanan digoreng karena minyak memperlambat pengosongan lambung, akibatnya asam lambung naik," ujar dr. Jovita Amelia, M.Sc, Sp.GK, spesialis gizi dari RS Pelni, seperti dilansir Antara, Rabu (16/5/2018).

Menurutnya, makanan yang digoreng juga memicu rasa panas di tenggorokan. Sementara itu, kafein dan minuman berkarbonasi juga bisa meningkatkan asam lambung.

"Kafein mungkin bisa diminum setelah berbuka puasa, saat perut sudah terisi. Tetapi, tidak dalam jumlah banyak," terang Jovita.

Sebagai gantinya, dia menyarankan untuk menyantap makanan yang bisa menahan rasa lapar lebih lama yakni karbohidrat kompleks seperti nasi merah dan ubi, serta protein dan lemak baik.

Seperti diketahui, pemerintah telah menetapkan puasa dimulai pada Kamis (17/5). Dengan demikian, jadwal ini sama dengan yang telah ditetapkan sebelumnya oleh Muhammadiyah dan NU. 

Sumber : Antara

Tag : Puasa
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top