Pengemudi ojek online sedang membeli pesanan pelanggan di Pasar Santa, Jakarta Selatan/Reuters-Beawiharta
Health

Belanja dan Pesan Makanan Online Bisa Mengancam Kesehatan

Yoseph Pencawan
Kamis, 17 Mei 2018 - 15:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perkembangan teknologi memang semakin memudahkan manusia dalam beraktivitas sehari-hari, mulai dari pekerjaan kantor, pekerjaan rumah, berbelanja sampai memesan makanan sekalipun, terutama dengan menggunakan aplikasi online.

Namun, menurut Rina Ariani, anggota Pakar Departemen Kardiologi dan Kedokteran Vaskuler Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, di balik kemudahan tersebut ada ancaman gangguan kesehatan yang sering tidak disadari.

"Ini kecenderungan kita yang sekarang. Dengan semakin berkembangnya teknologi, bangun tidur duduk, setelah itu ke kantor lihat komputer seharian, kemudian merasa lapar tetapi malas jalan ke kantin dan memesan makanan secara online," paparnya, belum lama ini.

Selanjutnya soal berbelanja. Sampai dengan beberapa tahun lalu, masyarakat, khususnya kaum ibu, masih gemar berbelanja ke pasar, baik pasar tradisional maupun pasar modern. Namun dengan teknologi saat ini, sudah banyak yang memilih berbelanja secara online.

"Beli cabai, daging, sayur, kecap, minyak goreng, semuanya sekarang bisa lewat online."

Memang semua jauh lebih mudah. Namun, kata dia, dengan kondisi itu kita begitu banyak mengalami pengurangan pergerakan tubuh. Bahkan mereka yang suka "nge-gym", tidak sedikit yang tetap asyik mengoperasikan perangkatnya saat sedang beraktivitas. Begitu juga di kolam renang, banyak yang lebih sibuk bermain perangkat di pinggir kolam ketimbang berenang.

Suasana tersebut juga kerap berlangsung di dalam rumah yang mana masing-masing individu, baik orang tua maupun anak-anaknya lebih sering disibukkan dengan perangkat, baik seluler maupun komputer. "Tidak ada aktivitas fisik, tidak ada pergerakan tubuh sama sekali."

Padahal, lanjutnya, melakukan aktivitas fisik seperti berjalan kaki saja, dapat mengurangi risiko jantung, menambah tenaga serta kondisi otot dan tulang akan lebih baik. Tidur pun akan lebih nyenyak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Yoseph Pencawan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro