Sutradara Hirokazu Kore-eda berpose dengan Palme d'Or yang diraih film arahannya, Shoplifters, dalam Festival Film Cannes 2018 di Cannes, Prancis, Sabtu (19/5)./Reuters-Regis Duvignau
Entertainment

Kisah Keluarga Miskin dalam "Shoplifters" Jadi Film Terbaik di Cannes

Annisa Margrit
Minggu, 20 Mei 2018 - 08:44
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Film "Shoplifters" dari Jepang memenangkan Palme d'Or, penghargaan tertinggi dalam Festival Film Cannes 2018.

Film tersebut disutradarai oleh Hirokazu Kore-eda dan mengisahkan kehidupan keluarga miskin yang tidak biasa di Negeri Sakura. Secara keseluruhan, ada 21 film yang berkompetisi memenangkan Palme d'Or tahun ini.

Seperti dilansir dari Xinhua, Minggu (20/5/2018), film ini bermula ketika Osamu dan putranya bertemu seorang gadis kecil yang kedinginan. Meski awalnya enggan menolong gadis tersebut, istri Osamu akhirnya bersedia merawatnya setelah mengetahui kisah hidup anak itu.

Walaupun keluarga Osamu miskin dan berupaya bertahan hidup dengan melakukan berbagai aksi kriminal kecil, tapi mereka terlihat bahagia. Hingga akhirnya sebuah insiden memunculkan rahasia yang tersimpan dan menjadi cobaan yang menyatukan mereka.

Hirokazu Kore-eda sebelumnya sudah berkompetisi di Cannes sebanyak empat kali dan memenangkan Jury Prize untuk "Like Father, Like Son" pada 2013.

Sementara itu, "BlacKkKlansman" karya Spike Lee memenangkan Grand Prix, yang sering dianggap sebagai juara kedua Cannes. Adapun "Capernaum" karya sutradara Lebanon Nadine Labaki memenangkan Jury Prize.

Ketua juri Cannes Cate Blanchett mendorong lebih banyak sutradara perempuan untuk berkarya dan ikut serta dalam festival film tersebut. Dia mengaku sangat sulit menentukan pemenang Palme d'Or tahun ini.

"Tetapi, pada akhirnya saya rasa kami semua terkesima dengan performa yang ditunjukkan dalam film ini [Shoplifters] dengan visi sutradaranya," papar Blanchett seperti dilansir Reuters.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Annisa Margrit
Editor : Annisa Margrit
Sumber : Reuters, Xinhua
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro