Dokumentasi saat putra Hatta Rajasa, Rasyid Amrullah Rajasa menikah dengan Adara Taista Binti Ismet Djamal Tahir pada 23 Desember 2017./Instagram@okke_rajasa
Health

Jangan Sepelekan Tahi Lalat, Bisa Jadi itu Jenis Kanker Kulit Paling Mematikan

Yoseph Pencawan
Selasa, 22 Mei 2018 - 20:21
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Beberapa hari terakhir publik Tanah air dikejutkan dengan meninggalnya menantu dari mantan Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Adara Taista, yang wafat Rumah Sakit Moriyama Memorial Tokyo, Sabtu (19/5), dan dikabarkan akibat menderita penyakit kanker kulit.

Apa dan bagaimana sebenarnya penyakit ini, dr. Haekal Yassier Anshari, M. Biomed (AAM) menjelaskan. Dia paparkan, jenis kanker kulit yang banyak menyerang pasien di Indonesia bernama Melanoma.

Bentuk awalnya seperti tahi lalat dan bila mengalami perubahan bentuk atau membesar, perlu diwaspadai karena bisa saja merupakan manifestasi dari Melanoma.

"Masyarakat perlu tahu bahwa ada tahi lalat biasa dan ada juga yang merupakan manifestasi dari Melanoma," katanya, Selasa (22/5/2018).

Pada stadium awal, Melanoma masih berada di kulit dan belum menyebar ke pembuluh getah bening atau organ lain. Biasanya juga belum ada luka. Bila masuk stadium 2 biasanya tahi lalat sudah terasa bebal dan telah mengalami luka.

Pada stadium 3, kanker sudah menyebar ke pembuluh getah bening dan bila sudah berada di stadium 4, sudah menjangkau organ yang lebih dalam. Seperti paru, hati, tulang, otak dan sebagainya.

Secara keseluruhan, kanker kulit terdiri dari tiga jenis. Selain Melanoma, ada dua jenis lainnya, yakni Karsinoma Sel Basal dan Karsinoma Sel Skuamosa. Meski masing-masing memiliki bentuk awal yang berbeda, tetapi ketiganya sering berawal pada titik kulit yang sering terpajan sinar matahari, seperti kulit kepala, leher dan wajah.

"Namun yang sering tidak disangka oleh penderitanya adalah Melanoma karena bentuk awalnya hanya berupa tahi lalat."

Sedangkan bentuk awal Karsinoma Sel Basal berupa benjolan kecil yang halus di kulit. Dalam perkembangannya, benjolan ini juga kemudian membesar, menjadi luka dan mengeluarkan cairan.

Adapun benjolan Karsinoma Sel Skuamosa biasanya berwarna kemerahan dan terasa kasar atau bersisik. Namun bagi mereka yang berkulit gelap, benjolan kanker kulit jenis ini bisa muncul di bagian yang tidak sering terpajan sinar matahari seperti di telapak tangan dan telapak kaki.

"Meskipun sama-sama berbahaya, tetapi dari ketiga jenis itu, kanker kulit Melanoma merupakan jenis yang paling sulit diobati."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Yoseph Pencawan
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro