Bakteri penyebab penyakit./medicine.net
Health

Tak Kontak dengan Bakteri, Bayi Berisiko Sakit Kanker

JIBI
Jumat, 25 Mei 2018 - 14:07
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Ternyata, pada tahun pertama, bayi perlu memiliki kontak dengan bakteri, karena bayi yang tidak memiliki kontak dengan mikroba atau bakteri umum selama tahun pertama kehidupannya akan meningkatkan risiko kanker masa kanak-kanak.

Mengutip laman Newsweek, Profesor Mel Greaves dari Institute of Cancer Research di London, Inggris, mempelajari lebih dari tiga dekade penelitian untuk menyimpulkan bahwa leukemia limfoblastik akut (ALL) kemungkinan besar disebabkan oleh kurangnya kekebalan tubuh.

Leukemia secara keseluruhan merupakan penyakit yang langka, namun sepertiga dari kanker anak-anak adalah leukemia. Saat ini, sekitar 90 persen anak-anak sembuh dari penyakit ini berkat kemoterapi.

Profesor Greaves memiliki teori "infeksi tertunda", yang menjelaskan kalau ALL dapat dipicu oleh dua hal. Pertama, seorang anak dilahirkan dengan mutasi genetik yang dapat menyebabkan leukemia.

Dia juga menjelaskan kalau bayi yang tidak bersentuhan dengan bakteri umum pada tahun pertama kehidupan mereka, sistem kekebalan mereka mungkin tidak siap untuk melawan ALL.

Anak-anak yang memiliki mutasi genetik dan menghabiskan tahun pertama mereka di rumah yang bersih dan jauh dari hal-hal yang berisiko. Itu bisa menjelaskan mengapa pasien ALL umumnya di masyarakat kaya, dan tumbuh sebanyak 1 persen per tahun.

Kegiatan sehari-hari, seperti menyusui dan mengirim bayi ke tempat di mana mereka dapat melakukan kontak dekat dengan orang lain, cukup untuk meningkatkan sistem kekebalan anak.

"Ini bukan masalah kebersihan, tetapi berkaitan dengan kontak sosial bayi. Itu adalah sesuatu yang dapat dilakukan semua orang tua," ujar Profesor Greaves.

Dia menambahkan para ibu yang tidak dapat menyusui tidak perlu khawatir, karena memastikan seorang anak memiliki kontak dengan bayi lain akan memberikan tingkat sistem kekebalan tubuh yang maksimal juga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro