Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir mendengarkan pertanyaan saat rapat kerja dengan Komisi X DPR di Jakarta, Senin (10/7)./JIBI-Dedi Gunawan
Fashion

Menristekdikti: Kampus Harus Kembangkan Nasionalisme & Kedamaian

Dika Irawan
Sabtu, 2 Juni 2018 - 01:58
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menristekdikti Mohamad Nasir mengatakan Kampus tak hanya sebagai tempat wahana pengembangan ilmu pengetahuan, namun kampus juga harus terus bisa mengembangkan rasa nasionalisme dan kedamaian.

“Apalagi hari ini bertepatan dengan hari lahirnya Pancasila," ucap Nasir saat menghadiri kegiatan Kampus Nusantara Mengaji, Jumat (1/6/2018) di Masjid Kampus Universitas Diponegoro dalam keterangan tertulis.

Menurutnya, ada empat pilar yang harus ditanamkan selalu dalam diri, diantaranya yaitu NKRI, Pancasila sebagai ideologi negara, UUD 45 sebagai dasar Negara, dan Semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

"Dengan adanya kegiatan Nusantara Mengaji mudah-mudahan kita bisa terhindar dari radikalisme, terorisme, dan narkoba," tutur Nasir.

Sementara itu Rektor Undip Yos Johan Utama mengatakan kegiatan Nusantara Mengaji ini bertepatan dengan hari lahirnya Pancasila dan peringatan Nuzulul Quran.

"Kita bersyukur hidup didalamnya menerapkan nilai-nilai Pancasila yang didalamnya terdapat nilai-nilai keimanan kepada Tuhan, untuk memupuk rasa persatuan. Undip juga harus menjadi bagian sebagai pemecah masalah bukan pembuat masalah," pungkas Johan.

Dalam kesempatan tersebut dilakukan teleconference dengan 4 Universitas lain yang secara serentak juga melakukan Nusantara Mengaji. Pemberian santunan pun diberikan kepada panti asuhan dalam acara yang berlangsung khidmat tersebut. Dalam kunjungan kerjanya ke Jawa Tengah, sebelum ke Undip, Nasir melakukan ziarah ke makam Sultan Fatah Demak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dika Irawan
Editor : Fajar Sidik
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro