Tips Mudik Sehat, Aman, dan Selamat dari Kemenkes

Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek berpesan agar pemudik yang menggunakan kendaraan menyiapkan fisik yang prima. Jika diperlukan, lakukan tes kesehatan di pos kesehatan yang tersedia.
Dika Irawan | 08 Juni 2018 10:57 WIB
Kendaraan antre di gerbang tol Cipali Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Kamis (29/6/2017). - Antara/Dedhez Anggara

Bisnis.com, JAKARTA -- Waktu mudik kian dekat, menjaga kesehatan adalah prioritas utama. Pastikan kondisi Anda sehat selama mudik agar lancar dan selamat sampai tujuan.

Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek berpesan agar pemudik yang menggunakan kendaraan menyiapkan fisik yang prima. Jika diperlukan, lakukan tes kesehatan di pos kesehatan yang tersedia.

"Jika mengemudi selama 4 jam nonstop, istirahat minilmal 15 menit lakukan peregangan," ujarnya seperti dikutip dari laman resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Jumat (8/6/2018).

Sementara itu, dalam Buku Informasi Mudik 2018 yang dirilis Kemenkes, ada beberapa hal yang harus diperhatikan pemudik agar tetap sehat, aman, dan selamat di perjalanan.

Pertama, siapkan fisik yang sehat dan prima sebelum mudik. Kedua, periksa kondisi kelayakan kendaraan.

Ketiga, sebelum dan selama mengemudi tidak minum minuman keras dan obat yang menyebabkan kantuk.

Keempat, istirahat tiap empat jam perjalanan. Jangan paksakan mengemudi bila lelah dan mengantuk.

Kelima, disiplin dan patuhi rambu lalu lintas. Kendalikan kecepatan kendaraan terutama pada kondisi jalan rusak atau bergelombang, saat hujan, dan cuaca buruk.

Keenam, kendaraan tidak boleh melebihi muatan dan menyalahi peruntukannya. Ketujuh, gunakan masker dan lindungi dari asap, debu, dan polusi.

Kedelapan, tidak menerima makanan atau minuman yang diberikan oleh orang tidak dikenal. Cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir sebelum dan sesudah makan.

Lalu, konsumsi makanan atau minuman yang bersih dan sehat serta selalu buang sampah pada tempatnya. Kemudian, selalu buang air kecil atau besar di toilet yang tersedia.

Selanjutnya, tidak menggunakan gawai selama berkendara. Terakhir, bila sakit manfaatkanlah pos kesehatan terdekat.

Tag : kemenkes, mudik lebaran
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top