Kendaraan pemudik melintas di jalan tol fungsional Pejagan-Pemalang, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Jumat (8/6/2018)./ANTARA-Oky Lukmansyah
Health

MUDIK LEBARAN 2018: Mau Mudik Sehat, Siapkan Hal Ini

Asteria Desi Kartika Sari
Minggu, 10 Juni 2018 - 17:07
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA— Mudik atau pulang kampung bukan masalah berat bagi mereka yang kampung halamannya dapat ditempuh dengan hitungan jam. Namun situasinya berbeda bagi yang harus menempuh perjalanan seharian atau bahkan berhari-hari apalagi dengan membawa kendaraan pribadi. Kondisi atau kesehatan fisik menjadi hal utama yang harus benar-benar dipersiapkan.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Ari Fahrial Syam mengatakan istirahat cukup sebelum berangkat, terutama untuk pemudik yang menggunakan jalur darat mengingat waktu sampai ke tempat tujuan tidak dapat diprediksi.

Dia menyarankan untuk memulai perjalanan mudik pada malam hari. Menurutnya malam hari menjadi pilihan yang tepat mengingat suhu udara lebih dingin dan perjalanan lebih lengang.

Guna menjaga tubuh tetap bugar dan sehat, menurut Ari, pemudik dapat menyempatkan melakukan olahraga kecil di area istirahat seperti melakukan gerakan relaksasi khususnya untuk kaki, tangan, dan leher. Setidaknya meregangkan otot setelah duduk terlalu lama dalam perjalanan mudik.

“Manfaatkan juga tempat istirahat untuk bisa buang air kecil agar jangan sampai menahan kencing yang akan berakibat pada infeksi saluran kencing,” kata Ari, dikutip Minggu (10/6/2018).

Adapun dari sisi makanan, dia menyarankan untuk tidak membeli makanan dan minuman di pinggir jalan mengingat kulaitas makanan dan minuman yang belum tentu terjaga dengan baik lantaran sudah terpapar panas matahari, khususnya untuk makanan dan minuman rumahan.

“Usahakan membawa bekal selama perjalanan. Namun harus diperhatikan agar makanan basah atau nasi dan lauk-pauk yang dibawa tidak dikonsumsi lebih dari 6-8 jam setelah pembuatan,” terangnya.

Tak dapat dipungkiri saat melakukan perjalanan mudik terkadang susah mencari makanan yang ideal untuk kesehatan. Tak jarang orang-orang makan seadanya. Oleh karena itu tak kalah penting untuk membawa obat-obatan sederhana seperti obat antidiare, obat sakit kepala, obat anti alergi agar kesehatan tetap terjamin. Selain itu juga obat anti mual khususnya untuk mencegah mabuk perjalanan yang panjang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro