5 Rempah-rempah yang Dapat Menghilangkan Sakit Gigi Saat Hamil

Perempuan hamil seringkali mengalami masalah kesehatan. Tidak hanya punggung dan kaki pegal, tapi juga masalah mulut.
Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh | 13 Juni 2018 07:43 WIB
Ilustrasi sakit gigi. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Perempuan hamil seringkali mengalami masalah kesehatan. Tidak hanya punggung dan kaki pegal, tapi juga masalah mulut. 

Terkadang mereka akan mengalami semacam kerusakan gigi dan penyakit gusi. Pasalnya, ketika hamil ada peningkatan hormon yang dapat memengaruhi respons tubuh terhadap plak gigi.

Dilansir dari Boldsky.com, Rabu (13/6/2018), menurut para ahli kesehatan hormon-hormon kehamilan benar-benar dapat mempengaruhi cara tubuh merespons bakteri sehingga menyebabkan infeksi periodontal yang mengarah pada masalah gigi sensitif dan gusi.

Penting untuk diingat, selama masa kehamilan, Anda harus ekstra hati-hati dan menghindari minum obat apa pun tanpa berkonsultasi dengan dokter.

Jadi, bagaimana Anda mengelola masalah gigi selama kehamilan tanpa tergantung banyak pada obat penghilang rasa sakit dan antibiotik? Rempah-rempah ternyata juga bisa membantu mengatasi rasa sakit gigi selama hamil. 

Berikut lima rempah-rempah yang dapat membantu Anda dalam masalah ini:

Akar Jahe

Sifat anti bakteri dari akar jahe dapat menyembuhkan infeksi ringan, kemerahan, peradangan, dan luka yang terkait dengan sakit gigi. Oleh karena itu, ini adalah obat yang bagus untuk sakit gigi.

Caranya, cuci akar jahe secara menyeluruh dan keringkan. Dengan menggunakan pisau tajam, potong akar setebal setengah inci, keluarkan kulit luar dan gigit akar tepat di bagian gigi yang sakit, sambil mengekstraksi jus dari akar dan mengocoknya di sekitar area gigi menggunakan lidah. Terus kunyah akar selama lima menit dan buanglah setelahnya.

Kunyit

Kunyit bisa menghasilkan keajaiban karena sakit gigi yang mengganggu. Anda cukup mencampur satu sendok teh bubuk kunyit dengan air secukupnya dan buatlah hingga kental.

Lalu, gunakan kapas untuk mengoleskan pasta ini pada gigi yang sakit. Pasta gigi alami ini memiliki antiseptik yang baik dan efek kunyit bisa menenangkan rasa sakit gigi Anda. Ulangi sampai Anda merasa lebih baik.

Cengkeh

Sifat anti inflamasi, anti bakteri, dan anestesi cengkeh membuatnya menjadi obat yang bagus untuk sakit gigi. Cukup gabungkan dua cengkeh tanah dengan minyak zaitun, minyak kelapa atau minyak sayur.

Oleskan campurannya pada gigi yang sakit dengan kapas. Lanjutkan prosedur ini beberapa kali dalam sehari.

Air Garam

Berkumur dengan air garam hangat dapat menghilangkan bakteri yang berdiam di dalam rongga mulut. Ini dapat dilakukan bahkan ketika Anda tidak mengalami sakit gigi, untuk mengontrol tingkat bakteri di dalam mulut.

Teh peppermint

Taruh beberapa daun peppermint kering atau segar dalam air mendidih. Biarkan tetap basah selama beberapa menit. Saring saat hangat, gunakan teh sebagai obat kumur, dan buanglah setelah berkumur.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Sakit Gigi

Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top