Ini Dia Beragam Permainan untuk Memperkenalkan Makna Idulfitri pada Anak

Lebaran dapat menjadi momentum yang tepat untuk mengenalkan makna Idulfitri kepada buah hati.
| 14 Juni 2018 20:14 WIB
Penjual menganyam kulit ketupat yang dijual di Kawasan Pasar Palmerah, Jakarta, Rabu (13/6). Memasuki H-2 Hari Raya Idulfitri penjualan kulit ketupat mengalami peningkatan dua kali lipat dengan harga jual Rp5000 per ikat. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA—Lebaran dapat menjadi momentum yang tepat untuk mengenalkan makna Idulfitri kepada buah hati. Caranya tentu bukan dengan menggurui, melainkan mengajak anak beraktivitas dan membuat mereka merasa senang. Dilansir dari Momjunction, berikut beberapa permainan yang cocok untuk anak-anak di semua usia. Inti permainan ini adalah mengenalkan makna Lebaran sejak dini.

1. Cerita Idulfitri

Duduklah bersama anak dan bacakan beberapa cerita menarik bertema Idulfitri yang sesuai dengan usia mereka. Cerita ini bisa didapat dari buku atau Internet. Untuk membuat cerita lebih istimewa, ajarkan mereka tentang berbagai kegiatan menyenangkan terkait tradisi Lebaran yang ada di berbagai wilayah.

2. Mengajarkan anak berbagi 

Dalam semangat perayaan Idulfitri, bantu anak berbagi kebahagiaan dengan mereka yang kurang beruntung. Anda dapat melibatkan anak-anak saat membuat sumbangan makanan ke panti asuhan atau buat orang kurang mampu.

3. Makanan khas Idulfitri

Untuk melengkapi semangat Idulfitri, pastikan Anda melibatkan anak-anak ketika membuat atau menyiapkan makanan sebelum disajikan kepada keluarga dan tamu. Dari situ anak akan mengetahui tradisi hidangan Lebaran yang biasa tersaji, dan ini akan menjadi kenangan manis untuk mereka sampai dewasa. Jika belum bisa melibatkan anak untuk membuat hidangan Lebaran di dapur, orang tua bisa mengajak mereka menyiapkan meja makan, menata kue, dan menyiapkan peralatan makan.

4. Sudut eksplorasi

Biarkan anak membuat sudut khusus yang menyenangkan mereka di rumah. Di sudut ruangan itu, mereka bebas menggelar mainannya, misalnya bermain bentuk atau masak-masakan, sampai berpura-pura menjadi tamu saat Lebaran. Meriahkan dengan lagu religi untuk anak supaya mereka bertambah semangat.

 

Sumber : Tempo.co

Tag : lebaran
Editor : Ratna Ariyanti

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top