Ilustrasi/Reuters
Health

Ini 8 Makanan yang Dapat Turunkan Kolesterol

Ana Noviani
Sabtu, 16 Juni 2018 - 14:52
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Sejumlah menu makanan saat hari raya Idulfitri yang mengandung banyak minyak dan lemak berisiko meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Berikut sejumlah makanan yang dapat menurunkan tingkat kolesterol.

Dilansir dari situs Harvard Health Publishing, setidaknya ada 8 bahan makanan yang dapat menurunkan tingkat kolesterol. Namun, masing-masing bahan makanan memiliki cara yang berbeda-beda untuk menurunkan kadar kolesterol.

Beberapa makanan memiliki tingkat serat yang tinggi sehingga mengikat kolestrol dan membawanya keluar dari sistem percernaan sebelum diserap oleh tubuh. Sementara itu, bahan pangan lain mengandung lemak tak jenuh (polyunsaturated fats) yang dapat langsung menurunkan kolesterol jahat (low density lipoprotein/LDL).

Berikut sejumlah makanan yang dapat menurunkan tingkat kolesterol.

1. Gandum/barley/oats
Semangkuk oatmeals mengandung 1-2 gram serat yang dapat larut(soluble fiber). Dalam sehari, tubuh membutuhkan setidaknya 20-35 gram serat. Setidaknya 5-10 gram serat itu berasal dari soluble fiber.

2. Biji-bijian
Kacang-kacangan kaya akan serat yang dapat larut dan membutuhkan waktu lama untuk dicerna oleh tubuh sehingga menimbulkan rasa kenyang yang lebih lama. Kacang merupakan makanan yang serbaguna dan memiliki banyak variasi, seperti kacang merah, kacang polong, dan kacang polong hitam.

3. Terung dan Okra
Sayuran tersebut memiliki kalori yang rendah dan merupakan sumber serat yang dapat larut.

4. Kacang-kacangan
Mengkonsumsi kacang almond, walnuts, kacang tanah dan kacang-kacangan lainnya baik untuk kesehatan jantung. Dengan makan 2 ounces kacang dalam sehari dapat menurunkan sekitar 5% kadar LDL.

Ini 8 Makanan yang Dapat Turunkan Kolesterol

5. Minyak nabati
Dengan menggunakan minyak nabati, seperti minyak kanola dan minyak biji matahari, untuk menggantikan mentega dapat menurunkan LDL.

6. Apel, anggur, stroberi, dan jeruk
Buah-buahan tersebut mengandung pektin yang merupakan jenis soluble fiber (serat yang dapat larut) untuk menurunkan LDL.

7. Kacang kedelai
Makanan berbasis kacang kedelai, seperti tahu dan susu kedelai, merupakan langkah baik untuk menurunkan kolesterol. Dengan mengonsumsi 25 gram protein kedelai dalam sehari diyakini dapat menurunkan 5%-6% kadar LDL.

8. Ikan yang mengandung Omega-3
Mengonsumsi ikan 2-3 kali seminggu dapat menurunkan LDL dengan dua cara, yakni sebagai pengganti daging merah dan memberikan lemak Omega-3 yang dapat menurunkan kadar trigliserida dalam darah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ana Noviani
Editor : Ana Noviani
Sumber : www.health.harvard.edu
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro