Inilah Manfaat Gula untuk Kulit

tahukah Anda bahwa ternyata gula juga bisa digunakan untuk mencerahkan, membersihkan dan menyehatkan kulit?
Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh | 07 Juli 2018 12:29 WIB
Gula - ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Gula adalah bahan makanan yang ada di dapur. Kita biasa menggunakannya untuk mempermanis minuman atau makanan yang ingin kita konsumsi.

Namun, tahukah Anda bahwa ternyata gula juga bisa digunakan untuk mencerahkan,membersihkan dan menyehatkan kulit. Dilansir dari Boldsky.com, jika Anda mengalami pengelupasan kulit satu bahan alami terbaik yang dapat digunakan untuk mengeksfoliasi kulit kita adalah gula.

Asam alfa-hidroksi yang terkandung dalam gula berfungsi untuk menghilangkan kotoran dan sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori di kulit Anda. Menjadikan gula sebagai scrub adalah cara terbaik untuk menghilangkan sel-sel kulit mati di kaki Anda. Menggosok kaki Anda dengan scrub dari gula secara teratur dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit dan mempercantik kulit kaki Anda.

Mau tahu bagaimana caranya? Berikut bahan-bahan yang bisa Anda buat;

1.      Minyak Zaitun dan Gula

Perpaduan minyak zaitun dan gula dapat membantu menutrisi kulit. Bahan yang perlu Anda siapkan untuk membuat scrub ini adalah 3 gelas gula, setengah cangkir minyak zaitun dan 1 sendok makan kulit jeruk parut.

Tambahkan minyak zaitun dan kulit jeruk dan gula lalu aduk rata. Anda dapat menambahkan lebih banyak minyak zaitun jika diperlukan. Gunakan scrub sesuai dengan kebutuhan Anda dan simpan sisa scrub. Gunakan scrub ini seminggu sekali untuk hasil yang lebih baik.

2.     Kopi dan Gula

Kafein yang terkandung didalam bubuk kopi bertindak sebagai antioksidan. Lulur ini membantu mempercerah warna kulit Anda. Anda perlu menyiapkan setengah cangkir bubuk kopi, setengah gelas gula dan 1 sendok makan kelapa atau minyak zaitun.

Campur gula dengan bubuk kopi secara merata dan tambahkan minyak kelapa atau minyak zaitun ke dalamnya. Gosok kaki Anda dengan campuran ini dan bilas dengan air biasa.

3.     Madu, Lemon dan Gula

Bahan-bahan yang perlu Anda persiapkan adalah 3 sendok teh madu mentah, dua sendok teh jus lemon dan dua sendok teh gula. Campur bahan-bahan ini ke dalam mangkuk dan buatlah jadi scrub. Gosok lembut campuran scrub ke seluruh wajah dan tubuh Anda dengan gerakan melingkar. Setelah itu diamkan selama 10 menit dan cucilah dengan air biasa. Scrub ini bisa dilakukan tiga kali dalam seminggu.

4.     Minyak Almond dan Gula

Vitamin C yang terkandung dalam minyak almond membantu untuk menyehatkan kulit. Bahan-bahan yang perlu Anda siapkan adalah 1 sendok makan gula  dan 2 sendok makan minyak almond.

Ambil 1 sendok makan gula dan 2 sendok makan minyak almond dan campurkan dalam mangkuk. Gosokkan scrub ini pada kaki Anda dengan lembut, dengan gerakan melingkar. Lalu, cuci dengan air dingin. Gunakan scrub ini sekali dalam seminggu secara terus menerus selama 3 minggu.

5.     Minyak Kelapa dan Gula

Bahan yang perlu Anda siapkan adalah 3 sendok makan minyak kelapa, 2 sendok makan madu dan 3 sendok makan gula.

Campurkan semua bahan ke dalam mangkuk dengan baik. Jika campuran terlalu kering, tambahkan lebih banyak gula dan jika basah, tambahkan sedikit minyak kelapa. Gosok campuran scrub ini dengan lembut di atas kaki Anda dan bilas dengan air biasa.

6.     Yogurt dan Gula

Siapkan setengah gelas yogurt plain dan dua sendok makan gula. Campurkan kedua bahan tersebut secara merata, gosok kaki Anda dengan scrub ini lalu bilas dengan air biasa dan keringkan.

Sumber : boldsky.com

Tag : kesehatan, perawatan kulit
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top