Ilustrasi kafe siber/wikimedia commons
Fashion

Faktor-Faktor Penyebab Kecanduan Game Online

Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh
Senin, 9 Juli 2018 - 09:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Tidak semua orang yang gemar memainkan permainan berbasis internet (online gaming) akan mengalami kecanduan atau ketergantungan.

Beberapa faktor yang mempengaruhi kerentanan terjadinya kecanduan, meliputi faktor biologi, psikologi dan sosial.

dr. Kristiana Siste, SpKJ(K) dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis dari Kementerian Kesehatan, Senin (9/7) menjelaskan bahwa orang yang gemar bermain game, neurotransmitter dopamine akan meningkat saat dia bermain, sehingga menimbulkan rasa senang (pleasure effect).

“Manusia dilahirkan dengan dopamine yang rendah, jadi dia akan selalu mencari cara, benda atau kegiatan yang bisa meningkatkan dopaminenya. Maka dari segi biologi, seseorang yang memiliki gangguan neurotransmitter dopamine, akan lebih rentan mengalami kecanduan,” ungkap Siste.

Dalam permainan berbasis online seringkali disuguhkan konten-konten yang memacu adrenalin pemainnya. Selain itu, terdapat tantangan yang senantiasa bertambah di setiap level permainan. Hal ini tentu menjadi daya tarik sekaligus merupakan risiko bagi orang-orang yang pada dasarnya secara psikologi senang mencari tantangan (novelty seeking).

Sementara itu, dari sisi sosial, salah satunya pola pengasuhan orang tua yang memberikan game pada anaknya sejak usia dini sehingga membentuk pola pikir bahwa bila game adalah tempat mencari kesenangan, sehingga akhirnya mereka ketergantungan.

“Jadi, bukan hanya faktor pribadi tetapi ada faktor biologi, psikologi dan sosial yang mempengaruhinya”, tandas Siste.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro