Tidur/boldsky.com
Health

Ini Tips Agar Tidur Anda Lebih Nyaman

Eva Rianti
Selasa, 17 Juli 2018 - 20:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Tidur merupakan salah satu kebutuhan setiap individu. Apabila seseorang kekurangan tidur, atau sebaliknya, maka akan berdampak pada kesehatan tubuh, seperti kurang fit di pagi hari atau mengalami insomnia berkelanjutan.

Oleh sebab itu, simak beberapa tips di bawah ini agar tidur Anda bisa lebih nyaman dan nyenyak, seperti dikutip dari Boldsky.

Pertama, matikan televisi, komputer, ponsel dan tablet Anda pada 1 jam sebelum tidur. Mungkin hal ini tidak mudah Anda lakukan, tapi Anda sangat perlu menjauhkan benda-benda ini karena dapat mengalihkan tidur Anda.

Kedua, jika Anda mengantuk saat matahari terbit, tunda selama 20 menit atau kurang dan tidur siang di awal hari. Untuk mengatasi kemerosotan energi di siang hari, jalan-jalan sebentar, atau minum segelas air es atau lakukan panggilan telepon dengan teman Anda.

Ketiga, jika Anda merasa sakit punggung pada malam hari, tidurlah di satu sisi dan istirahatkanlah kaki Anda diantara bantal untuk menyelaraskan pinggul dan menekan sedikit punggung bawah agar lebih baik.

Keempat, konsumsi makanan yang merangsang tidur saat makan malam seperti udang, telur, dan biji chia. Mereka mengandung triptofan, asam amino yang diketahui menyebabkan kantuk.

Kelima, berolahraga dengan baik sebenarnya dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak di malam hari. Ini karena setelah tubuh Anda selesai dengan latihan, tubuh Anda lelah dan butuh istirahat.

Keenam, hindari makan berat dekat dengan waktu tidur karena tubuh Anda akan bekerja lembur untuk mencerna makanan ketika Anda berbaring. Ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan, sehingga lebih sulit bagi Anda untuk beristirahat malam yang nyenyak.

Ketujuh, Anda dapat mandi air hangat atau minum secangkir teh hangat karena ini akan menaikkan suhu tubuh Anda dan kemudian menurunkannya. Ini memberi sinyal pada tubuh Anda bahwa inilah waktunya untuk tidur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Eva Rianti
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro