9 Jenis Sarapan yang Tidak Sehat

Serapan adalah makanan penting yang harus diasup semua orang untuk menjaga ketahanan tubuh sepanjang hari.
Mia Chitra Dinisari | 23 Juli 2018 13:21 WIB
Sandwich -

Bisnis.com, JAKARTA - Serapan adalah makanan penting yang harus diasup semua orang untuk menjaga ketahanan tubuh sepanjang hari.

Sarapan sehat, bisa memberikan energi yang tepat bagi tubuh dalam menjalankan aktivitas hingga waktu makan siang menjelang.

Sarapan yang sehat merupakan kombinasi protein, serat, dan lemak sehat yang tepat.

Sayangnya, banyak orang yang cenderung memilih makanan salah saat sarapan, yang ternyata justru bisa membuat tubuh Anda tidak sehat. Bahkan, mungkin saja Anda tidak tahu apakah sarapan yang Anda konsumsi sudah sehat? Berikut makanan yang bisa buruk dikonsumsi saat sarapan menurut Boldsky.com

1. Sereal

Kebanyakan orang mengira sereal sarapan adalah pilihan bergizi untuk orang dewasa dan anak-anak. Banyak paket sereal mencantumkan mengandung biji-bijian. Tetapi, faktanya sereal diproses dan mengandung sebagian besar biji-bijian olahan dan gula tambahan.
Selain itu, sereal sarapan tinggi karbohidrat dan rendah serat tidak akan membuat perut kenyang dan Anda akan lapar sebelum jam makan siang.

2. Sandwich

Banyak sandwich yang mengandung natrium, pengawet, dan lemak tidak sehat. Sandwich yang dilapisi dengan keju dan daging olahan seperti bacon dan sosis sangat tinggi lemak yang kurang baik untuk tubuh. Sebagai gantinya, cobalah sandwich dengan isian sayuran yang tentu saja sangat sehat bagi tubuh Anda.

3. Oatmeal campuran

Oatmeal yang dibeli di toko bisa jadi hanyalah sereal kotak yang terselubung. Rasa oatmeal dan pre-mixed adalah makanan yang paling buruk untuk dimakan di pagi hari karena mereka sangat kaya dengan gula.

Selain itu, oatmeal campuran biasanya dibuat dengan oat instan, yang diproses tinggi dan rendah serat. Buatlah oatmeal sendiri dari bahan-bahan yang sehat seperti gandum yang disangrai.

4. Pancake Dan Waffles

Pancake dan wafel adalah pilihan populer untuk sarapan. Mereka dibuat dengan tepung, gula, telur dan susu tetapi keduanya terlihat berbeda dalam bentuk dan tekstur. Tapi apa yang membuat pancake dan wafel makanan terburuk untuk dimakan di pagi hari?

Kedua makanan ini sangat tinggi dalam tepung halus dan atasnya dengan sirup pancake, yang mengandung sirup jagung fruktosa tinggi. Sirup jagung fruktosa tinggi dapat meningkatkan peradangan yang mendorong resistensi insulin yang akhirnya dapat menyebabkan diabetes 2.

5. Yoghurt Rendah Lemak

Yogurt dengan buah-buahan terlihat sehat dari luar tetapi tidak ketika Anda mengkonsumsinya pada pagi hari. Makanan sarapan cepat ini dikemas dengan gula sederhana yang akan membakar tubuh Anda untuk energi dengan cepat, tetapi kurangnya lemak dalam yoghurt akan membuat Anda merasa lapar juga.

6. Kue kering

Kue kering, croissant dan donat tidak sehat untuk sarapan karena tidak mengandung banyak serat dan protein namun sarat dengan kalori dan gula. Hal tersebut, akan membuat Anda lebih cepat lapar sebelum waktu makan siang. Sebagai gantinya, konsumsi telur yang dipadankan dengan buah dan sayuran.

7. Smoothies

Beberapa smoothie mengandung susu, es, dan krim full-fat yang lebih menyerupai milkshake daripada smoothie. Pilihlah minuman smoothies buatan sendiri yang lebih sehat.

8. Muffin

Muffin memiliki reputasi sebagai makanan yang sehat, tetapi kebanyakan muffin biasanya adalah kue kecil yang menyamar. Muffin dibuat dengan minyak sayur, telur, gula dan tepung halus dan satu-satunya bahan yang sehat adalah telur. Mereka juga mengandung gula tambahan atau diisi dengan buah-buahan kering dan keping coklat yang tinggi kalori.

9. Granola Bar

Granola bar disebutkan tidak baik untuk sarapan karena mengandung banyak gula tambahan. Granola bar mengandung kombinasi gula, madu, dan sirup jagung. Ini dapat meningkatkan kadar insulin, peradangan dan gula darah Anda.

Sumber : Boldsky.com

Tag : sarapan
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top