Salah satu adegan dalam film horor Mereka Yang Tidak Terlihat./Skylar Pictures
Fashion

Manfaat Menonton Film Horor untuk Kesehatan

Mia Chitra Dinisari
Senin, 23 Juli 2018 - 14:56
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Menonton bioskop menjadi hobi bagi sebagian orang.

Genre film yang disukai masing-masing orang juga berbeda-beda. Mulai dari komedi, aksi, thriler hingga horor.

Khusus untuk film horor, umumnya penyukanya adalah mereka yang memiliki keberanian lebih, atau bukan tipe penakut.

Pasalnya, setelah menonton film horor umumnya kita sering membayangkan dan terbayang dengan hal yang kita tonton dalam film tersebut.

Bahkan, sebagian orang sering bermimpi buruk pascamenonton film horor.

Tapi tahukah ternyata menonton film horor juga bermanfaat untuk kesehatan Anda?

Berikut manfaat menonton film horor bagi kesehatan menurut timesofindia.com:

Membakar kalori

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2012 oleh University of Westminster di Inggris meminta 10 orang untuk menonton film-film menakutkan yang berbeda.

Denyut jantung, keluaran karbon dioksida dan asupan oksigen dari orang-orang ini dimonitor ketika mereka menonton film. Orang yang menonton film paling menakutkan itu panik dan melompat beberapa kali yang menyebabkan pembakaran kalori sekitar 184 kalori. Jumlah ini setara dengan kalori yang dibakar ketika kita berjalan selama 40 menit.

Ini terjadi karena pelepasan rangsangan stres, yang menyebabkan pelepasan hormon adrenalin. Ini membuat jantung Anda berdetak yang menarik energi cadangan dari tubuh Anda.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Penelitian lain yang dipublikasikan dalam Journal Stress mengungkapkan bahwa menonton film yang menakutkan juga dapat meningkatkan sistem kekebalan Anda untuk jangka pendek dengan meningkatkan sirkulasi darah dan sel darah putih (melawan infeksi). Ini meningkatkan respons melawan-atau-lari dari tubuh.

Meningkatkan suasana hati Anda

Getaran rangsangan negatif meningkatkan suasana hati secara signifikan, kata seorang sosiolog. Orang merasa kurang cemas, kurang frustasi dan bahagia setelah menonton film seram.

Lebih berani

Orang-orang yang tidak merasakan sensasi setelah menonton film seram tidak akan mengalami manfaat yang disebutkan di atas. Untuk menikmati manfaat dari film yang menakutkan seseorang perlu merasa takut saat menontonnya.

Menghilangkan kecemasan

Beberapa film menakutkan mungkin meninggalkan pengalaman yang menakutkan pada anak-anak dan anak-anak. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di University of Michigan, 26 persen siswa masih memiliki ketakutan masa kecil yang tersisa dengan mereka setelah menonton film yang menakutkan. Ini disebut kecemasan sisa. Dan ketakutan ini bisa berkurang ketika mereka berani menghadapinya dan menghilangkan kecemasan itu sendiri dengan menonton ulang film horor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Timesofindia.com
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro