Manfaat Makanan Pedas Bagi Kesehatan

Makanan pedas seringkali dijauhi karena dikhawatirkan dapat menyebabkan gangguan kesehatan.
Newswire | 31 Juli 2018 11:12 WIB
Ilustrasi cabai - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA -- Makanan pedas seringkali dijauhi karena dikhawatirkan dapat menyebabkan gangguan kesehatan.

Padahal, makanan pedas sebenarnya juga memiliki manfaat kesehatan.

"Tidak ada bukti bahwa mereka harus melakukan itu. Cabai dan rempah dalam jumlah sedang harus dinikmati dan tidak ada bukti bahwa makanan pedas itu buruk untuk Anda," kata Dr. Khursheed Jeejeebhoy, profesor emeritus kedokteran di Universitas Toronto, Kanada, dalam laman Medical Daily.

Dalam jumlah sedang, cabai dalam makanan berhubungan dengan sejumlah manfaat kesehatan. Berikut beberapa manfaatnya seperti dilansir dari Antara, Selasa (31/7/2018):

Manfaat untuk kesehatan jantung
Studi yang dipublikasikan pada 2017 menemukan bahwa orang-orang yang mengonsumsi cabai memiliki persentase kematian yang lebih rendah akibat penyakit vaskular, serangan jantung, dan stroke.

"Studi kami menunjukkan bahwa kenikmatan rasa pedas merupakan cara penting untuk mengurangi asupan garam dan tekanan darah, tidak peduli jenis makanan dan jumlah makanannya," terang Dr. Zhiming Zhu.

Bakar kalori ekstra
Sebuah studi dari Universitas Purdue menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi cabai merah akan membakar lebih banyak kalori dan turun nafsu makannya. Efeknya akan lebih kuat pada orang-orang yang tidak mengonsumsi makanan pedas secara teratur.

Namun, makanan pedas tentunya bukanlah pintu ajaib untuk menurunkan berat badan secara signifikan. Cabai merah bisa membawa manfaat jika dikombinasikan dengan diet sehat dan gaya hidup aktif.

Cegah kanker
Capsaicin, yang membuat cabai terasa pedas dan panas, sudah lama dianggap memiliki sifat anti kanker. Namun, manfaat ini masih menjadi perdebatan dalam literatur medis karena temuan-temuan yang berbeda.

Pereda sakit
Capsaicin dalam cabai juga dapat membantu menghilangkan rasa sakit di tubuh dengan menargetkan kimia otak yang disebut "substansi P". Substansi ini memainkan peran penting dalam kasus luka dan cedera.

Inilah alasan mengapa capsaicin sering digunakan sebagai bahan dalam krim dan obat-obatan pereda nyeri.

Sumber : ANTARA

Tag : cabai
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top