Sejumlah Tokoh Publik Hadiri Pameran 100 Tahun Hendra Gunawan

Sejumlah tokoh publik menghadiri pembukaan pameran 100 tahun Hendra Gunawan bertema Prisoner of Hope, di Ciputra Artpreneur, Jakarta, Sabtu (4/8/2018).
Rayful Mudassir | 04 Agustus 2018 16:43 WIB
Ciputra saat berbicara pada konferensi pers 100 tahun Hendra Gunawan. - ciputra.com

Bisnis.com, JAKARTA - Sejumlah tokoh publik menghadiri pembukaan pameran 100 tahun Hendra Gunawan bertema Prisoner of Hope, di Ciputra Artpreneur, Jakarta, Sabtu (4/8/2018).

Sejumlah pejabat sebelumnya dijadwalkan hadir termasuk Menteri Keuangan Sri Mulyani, Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hilmar Farid, dan sejumlah pengusaha Tanah Air.

Dari pantauan Bisnis, pejabat yang telah tiba di lokasi adalah Hilmar Farid dan Pendiri Mayapada Grup Dato’ Sri Tahir. Juga sudah hadir mantan Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu. Rencananya pembukaan pameran 100 Tahun Hendra Gunawan dimulai pukul 17.00 WIB.

Sementara itu, tema Prisoner of Hope digunakan sebagai gambaran perjalanan sang maestro lukis Hendra saat 13 tahun berada di dalam sel tahanan Kebon Waru, Jawa Barat.

Pengunjung pembukaan pameran lukisan Hendra Gunawan: prisoner of hope, Sabtu (4/8/2018)./Bisnis-Rayfur Mudassir

Kurator pameran Agus Dermawan T mengatakan inti tema ini ialah bersakit dahulu bersenang kemudian. Secara elaborasi, pameran ini menampilkan karya Hendra yang diciptakan saat dia berada di penjara dan sampai 5 tahun setelah bebas.

"Ini pameran terbesar Hendra Gunawan setelah keluar dari penjara. Setelah di penjara Hendra pernah mengikuti pameran dengan membawa 8 lukisan. Kemudian pada 1979, pameran tunggalnya menampilkan 21 lukisan dan pada 1981 hanya 22 pameran," kata Agus Dermawan di Ciputra Artpreneur, Sabtu (4/8/2018).

Sebanyak 33 karya Hendra ditampilkan. Sebagian besar merupakan lukisannya saat di penjara. Sementara sisanya saat keluar penjara dan beberapa sebelum menjalani kehidupan di balik jeruji besi.

Kurator Aminuddin Siregar mengatakan pameran ini sebagai bukti kedekatan pengusaha sukses Ciputra dengan Hendra. Bahkan beberapa karya Hendra dibeli langsung oleh Pak Ci di studio sang maestro.

"Hubungan Pak Ci dan Hendra mencerminkan hubungan komitmen keduanya sehingga Pak Ci terus menghadirkan karya Hendra ke publik," katanya.

Sangat Indonesia

Dikutip dari ciputra.com, Ciputra Artpreneur menggelar rangkaian kegiatan untuk memperingati 100 tahun Hendra Gunawan.

Hendra Gunawan adalah salah satu seniman senirupa modern terbaik di Indonesia. Ciputra Artpreneur merayakan perjalanan hidup dan karya Hendra Gunawan dengan dua pameran bergengsi yang dimulai pada 4 Agustus di Ciputra Museum dan Ciputra Gallery – Hendra Gunawan: Prisoner of Hope dan Spektrum Hendra Gunawan.

Hendra Gunawan lahir di Bandung, 11 Juni 1918. Namanya tercatat dalam sejarah Indonesia dan dunia kesenian.

Hendra merupakan seniman dengan semangat nasionalis yang kental, menjadikan Indonesia sebagai ibu pertiwi yang paling dicintainya.

Dengan keterlibatannya dalam peperangan demi merebut kemerdekaan, serta tahun-tahun pahit yang dijalani di balik jeruji besi dari 1965 sampai 1978, nama Hendra Gunawan pun terukir dalam sejarah bangsa Indonesia.

Sebagai seniman, karya-karya Hendra Gunawan hadir dengan warna-warni yang berani dan khas, menggambarkan estetika dan sisi tropis bangsa Indonesia.

Kecintaannya pada rakyat dan tanah airnya memberikan karakterisitik unik pada lukisan-lukisannya, memancarkan semangat kerakyatan yang mengilhami gaya artistik dengan ciri khas yang sangat Indonesia.

Sumber : ciputra.com

Tag : pameran lukisan
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top