Beragam Masker Untuk Atasi Rambut Rusak

Anda bisa dengan mudah membuat masker rambut di rumah Anda dari beberapa bahan dapur sederhana.
Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh | 10 Agustus 2018 07:43 WIB
Perawatan rambut - Loreal

Bisnis.com, JAKARTA—Memiliki rambut kering dan rusak sering kali menjadi masalah bagi kita. Selama bertahun-tahun, kami telah menggunakan sampo siap pakai, kondisioner, dan produk perawatan rambut lainnya yang mengandung bahan kimia.

Zat kimia yang terkandung di dalam produk perawatan rambut dapat menyebabkan kerusakan pada rambut kita dalam jangka panjang. Jika Anda ingin membuat rambut Anda kembali sehat dan membaik, yang harus Anda ingat adalah bahwa bahan perawatan rambut yang Anda kenakan harus efektif tetapi tidak memiliki efek samping.

Anda bisa dengan mudah membuat masker rambut di rumah Anda dari beberapa bahan dapur sederhana. Dilansir dari Boldsky, berikut adalah cara membuat masker rambut dengan bahan-bahan rumahan untuk merevitalisasi rambut Anda, berikut caranya;

Masker Rambut Alpukat, Madu dan Minyak Kelapa

Anda perlu menyiapkan setengah buah alpukat, satu sendok makan madu dan dua sendok makan minyak kelapa.Masker rambut ini membantu merapikan rambut Anda dan membuatnya mudah diatur. Asam lemak yang terkandung dalam alpukat membantu memperbaiki kerusakan rambut dan membuatnya bebas kusut dan lembut. Madu juga membantu untuk melembutkan rambut karena kandungannya dapat menghidrasi rambut sehingga membuatkan menjadi lembab.

Cara Membuatnya: Pertama, lembutkan alpukat di dalam mangkuk sampai menjadi pasta. Kedua, tambahkan madu organik dan minyak kelapa ke dalam mangkuk dan aduk sampai tidak ada gumpalan yang tersisa. Ketiga, jika dirasa masker ini terlalu kental Anda bisa menambahkan sedikit air. Keempat tutup rambut dengan handuk atau topi mandi selama satu jam. Terakhir, bilas dengan minyak bebas sulfat maka rambut Anda akan merasa lembut.

Masker Lidah Buaya, Minyak Kelapa dan Minyak Pohon Teh

Bahan yang harus Anda siapkan adalah satu cangkir gel lidah buaya, tiga sendok makan minyak kelapa dan beberapa tetes minyak pohon teh. Masker rambut ini akan menbuat rambut Anda terlihat lebih cerah. Kombinasi Gel lidah buaya dan minyak kelapa akan menambah kelembaban serta menghidrasi kulit kepala dan rambut. Minyak pohon teh bekerja efektif untuk menyingkirkan ketombe dan mengatasi kulit kepala kering.

Cara membuatnya; Pertama, Ambil lidah buaya segar dan potong terbuka. Keluarkan gelnya sampai sepenuh satu cangkir dan tarus ke dalam mangkuk. Kedua, tambahkan minyak kelapa dan beberapa tetes minyak pohon teh ke dalamnya dan campurkan semua bahan dengan baik. Ketiga, oleskan masker ini pada rambut dan kulit kepala Anda dari akar sampai ujung rambut Anda. Keempat, gunakan masker ini minimal 2 jam sebelum tidur dan biarkan semalaman. Kelima, tutup dengan topi mandi atau handuk. Terakhir, keesokan harinya bilas dengan sampo sampai bersih.

Masker Yogurt dan Minyak Kelapa

Bahan yang perlu Anda siapkan adalah satu cup yogurt dan enam sendok makan minyak kelapa. Perpaduan kedua bahan ini akan menghasilkan masker rambut yang menghidrasi rambut Anda dan membuatnya berkilau serta menghaluskannya.

Cara membuatnya; Pertama, campurkan yogurt dan minyak kelapa untuk membuat pasta halus. Kedua, oleskan masker ini pada rambut dan kulit kepala Anda dan biarkan selama satu jam. Ketiga, jika Anda mau, Anda juga bisa membiarkan masker rambut semalaman dan mencucinya di pagi hari berikutnya dengan sampo Anda.

Masker Pisang, Minyak Kelapa dan Madu

Anda perlu menyiapkan satu buah pisang, dua sendok makan minyak kelapa dan satu sendok makan madu.

Cara membuat; Pertama, haluskan pisang. Kedua, Tambahkan minyak kelapa dan madu mentah ke dalam pasta pisang dan campurkan semua bahan dengan baik. Ketiga, bagilah rambut Anda menjadi beberapa bagian dan aplikasikan masker rambut ini pada rambut Anda dari akar hingga ujungnya. Keempat, biarkan selama 1 hingga 2 jam kemudian cuci dengan sampo menggunakan air biasa.

Tag : kesehatan, perawatan rambut
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top