Aneka buah bermanfaat meningkatkan daya tahan tubuh/Istimewa
Health

3 Waktu Terburuk Makan Buah

Newswire
Rabu, 15 Agustus 2018 - 16:11
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Buah adalah penghasil nutrisi, antioksidan dan flavonoid yang baik untuk membantu mencegah kerusakan akibat radikal bebas dan menyediakan mineral seperti natrium, serta kalium untuk tubuh.

Memasukkan buah-buahan dalam menu diet juga dapat meningkatkan kerja sistem percernaan karena kandungan seratnya yang tinggi. Tetapi, memakan buah pada saat yang salah, dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan.

 Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi buah pada waktu tertentu dalam sehari dapat menimbulkan efek positif dan negatif  bagi tubuh Anda. Berikut waktu yang harus dihindari untuk mengonsumsi buah:

1. Sebelum dan sesudah makan

Kalau Anda termasuk orang yang mengonsumsi buah sesaat sebelum makan atau langsung setelah makan, maka harus segera menghentikannya. Sebab, mengonsumsi buah setelah makan tidak akan membantu tubuh dalam menyerap semua nutrisi penting.Tapi berbeda kasus untuk pasien diabetes. Harus ada jeda satu jam sebelum makan atau dua jam setelah makan.

2. Sebelum tidur

Penelitian mengatakan bahwa mengonsumsi buah sebelum tidur adalah waktu yang paling buruk. Sebab, akan meningkatkan kadar insulin dan gula darah Anda. Hal ini juga dapat mengganggu tidur Anda.

 3. Menyantap buah bersama makanan lain

Baiknya jangan mengonsumsi buah dan makanan dalam waktu yang bersamaan, karena akan memperlambat proses pencernaan.

Jika Anda mengonsumsi buah dengan makanan lain, maka buah akan lebih lama mengendap di tubuh dan mulai berfementasi. Hal tersebut dapat menyebabkan gangguan pencernaan atau masalah pencernaan lainnya, demikian dilansir Boldsky.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro