Ilustrasi orangtua dan anak/Istimewa
Health

Keluarga Anda Bahagia dan Harmonis? Rasakan Indikasi Ini

Martin Sihombing
Kamis, 30 Agustus 2018 - 18:19
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -  Tingkat kebahagiaan dan keharmonisan sebuah keluarga  tidak bisa diukur dengan angka, tetapi dapat dirasakan, menurut psikolog Intan Erlita.

"Bagaimana kita menikmati pengalaman, seberapa menikmati fase-fase yang terjadi pada diri kita," kata Intan, saat acara diskusi mengenai keluarga bahagia yang diadakan Sun Life Financial di Jakarta, Kamis (30/8/2018).

Komunikasi dan meluangkan waktu bersama keluarga merupakan beberapa cara untuk menjaga keharmonisan. Salah satu contohnya dapat dilihat melalui komunikasi yang baik dengan anak.

"Ketika orang tua memberikan pesan, anak bisa mengerti dengan baik, tanpa ada perlawanan," kata Intan. Anak juga menjadi terbiasa dan bebas menceritakan segala hal pada orang tuanya, tidak ada jarak atau hierarki. Anak menjadi percaya diri karena dia biasa dilatih untuk berkomunikasi, begitu juga ketika berada di lingkungan baru.

"Keluarga yang harmonis karakternya mudah beradaptasi dengan orang, anak dibawa ke lingkungan baru, dia nggak pendiam. Anak percaya diri, karena biasa dilatih berkomunikasi," kata dia.

Untuk mencapai kebahagiaan dalam keluarga, setiap anggotanya terutama orang tua harus memiliki waktu bersama keluarga meski pun aktivitas tinggi, misalnya main games atau berlibur bersama. Intan menyarankan dalam satu minggu keluarga harus beraktivitas bersama agar menjadi kebiasaan sekaligus untuk relaksasi diri sebelum kembali ke aktivitas sehari-hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Martin Sihombing
Sumber : ANTARA
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro