Ilustrasi/acnetreatmentshq
Fashion

Tak Semua Kulit Berjerawat Bisa Diatasi dengan ‘Facial’

Newswire
Jumat, 31 Agustus 2018 - 11:31
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Facial bisa menjadi salah satu upaya memulihkan kondisi kulit akibat jerawat. Namun, tidak semua kulit yang berjerawat bisa di-facial.

"Dengan facial, kita kasih perawatan itu sudah lebih cepat pulih. Tetapi, tidak semua kulit yang berjerawat bisa di-facial. Di situ tugasnya dokter untuk memilah mana yang bisa mana yang tidak," ujar dr Hengky Nurhidayat Affandi dari Klinik Estetika dr. Affandi di Jakarta, Kamis (30/8/2018).

Perawatan facial sendiri bisa dilakukan dalam 2-3 minggu sekali, namun sesuai anjuran dokter yang merujuk pada kondisi kulit.

Khusus untuk jerawat yang disertai peradangan umumnya membutuhkan waktu pulih yang lebih lama. Kondisi radang ini biasanya karena ada keterlibatan bakteri yang bereproduksi melewati batas ambang normal. Kulit pun bereaksi.

"Ada reaksi radang. Makanya jadi bernanah, bengkak, nyeri, sakit, ya itu karena ada reaksi terhadap bakteri di kulit," papar Hengky.

Sementara, untuk jerawat yang kecil-kecil, biasanya karena komedo, kotoran di pori-pori tersumbat, minyak-minyak tersumbat. Belum ada bakteri yang terlibat.

Hengky menuturkan, jerawat muncul karena banyak faktor, seperti stres, kurang tidur di malam hari, makanan, kebersihan wajah yang kurang terjaga. Pada wanita, ada faktor spesifik tambahan yakni hormon karena menstruasi.

Saat jerawat tak terhindarkan, dia menyarankan Anda tetap mejaga kebersihan kulit, mengurangi pemakaian make-upnya khususnya untuk wanita dan meluangkan waktu ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan secara langsung.

"Dokter akan berikan solusi bisa dengan krim atau treatment, disesuaikan dengan kondisi kulit," pungkas Hengky.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro