Tom Mc Ifle, Director & Head Coach PT Aubade Makmur /jibi
Referensi

Mari Mengenali Blockchain

Tom MC Ifle, Director & Head Coach PT Aubade Makmur
Minggu, 2 September 2018 - 14:01
Bagikan

Sejak saya mengetahui tentang Blockchain, pintu keingintahuan saya seperti diketuk dengan kencang. Saya mulai menggali lebih dalam dan ingin mengetahui lebih banyak mengenai manfaat dari teknologi yang dikembangkan dari ide Satoshi Nakamoto ini.

Blockchain memberi pengguna internet kemampuan untuk menciptakan nilai dan mengotentikasi informasi digital. Apa yang akan dihasilkan dari aplikasi bisnis baru tersebut?

Berikut sejumlah hal yang ditawarkan oleh Blockchain:

Pertama, kontrak pintar. Buku besar terdistribusi memungkinkan pengkodean kontrak sederhana yang akan dijalankan saat kondisi tertentu terpenuhi. Ethereum merupakan proyek open source Blockchain yang dibangun secara khusus untuk merealisasikan kemungkinan ini. Namun, pada tahap awal, Ethereum memiliki potensi untuk memanfaatkan kegunaan Blockchain pada skala dunia yang benar-benar berubah.

Pada tingkat perkembangan teknologi saat ini, kontrak cerdas dapat diprogram untuk melakukan fungsi sederhana. Misalnya, turunannya bisa dibayarkan saat instrumen keuangan memenuhi tolok ukur tertentu, dengan penggunaan teknologi Blockchain dan Bitcoin yang memungkinkan pembayarannya otomatis.

Kedua, sharing economy. Dengan perusahaan seperti Uber dan AirBnB berkembang, ekonomi bersama sudah terbukti sukses. Namun, saat ini pengguna yang ingin menikmati layanan ride sharing harus bergantung pada perantara seperti Uber. Dengan memungkinkan pembayaran peer-to-peer, Blockchain membuka pintu untuk interaksi langsung antara para pihak. Hasil ekonomi bersama yang benar-benar terdesentralisasi.

Contoh awal, OpenBazaar menggunakan Blockchain untuk membuat eBay peer-to-peer. Download aplikasi ke perangkat komputasi Anda. Anda dapat bertransaksi dengan vendor OpenBazaar tanpa membayar biaya transaksi. Etos no rules dari protokol berarti bahwa reputasi pribadi akan menjadi lebih penting lagi bagi interaksi bisnis daripada saat ini di eBay.

Ketiga, inisiatif Crowdfunding seperti Kickstarter dan Gofundme melakukan pekerjaan awal untuk ekonomi peer-to-peer yang baru muncul. Popularitas situs ini menunjukkan orang ingin memiliki suara langsung dalam pengembangan produk. Blockchain membawa minat ini ke tingkat berikutnya, berpotensi menciptakan dana modal ventura yang beragam.

Pada 2016, satu percobaan semacam itu, DAO yang berbasis pada Ethereal (desentralisasi otonomi), menghasilkan US$200 juta yang menakjubkan hanya dalam waktu 2 bulan. Peserta membeli DAO token yang memungkinkan mereka untuk memilih investasi modal ventura kontrak cerdas (hak suara sebanding dengan jumlah DAO yang mereka pegang). Sebuah hack berikutnya dari dana proyek membuktikan bahwa proyek tersebut diluncurkan tanpa due diligence yang tepat, dengan konsekuensi bencana. Apapun, percobaan DAO menunjukkan bahwa Blockchain memiliki potensi untuk mengantar paradigma baru kerja sama ekonomi.

Keempat, pemerintahan. Dengan membuat hasil sepenuhnya transparan dan dapat diakses publik, teknologi database terdistribusi dapat membawa transparansi penuh pada pemilihan atau jenis pengambilan keputusan lainnya. Kontrak cerdas berbasis Ethereum membantu mengotomatisasi prosesnya.

Aplikasi ruang rapat memungkinkan pengambilan keputusan organisasi terjadi di Blockchain. Dalam praktiknya, ini berarti tata kelola perusahaan menjadi transparan dan dapat diverifikasi sepenuhnya saat mengelola aset, ekuitas, atau informasi digital.

Kelima, audit rantai suplai. Konsumen semakin ingin tahu bahwa klaim etis yang dibuat perusahaan tentang produk mereka nyata. Buku besar terdistribusi memberikan cara mudah untuk menyatakan bahwa backstories dari barang yang kita beli itu asli. Transparansi datang dengan cap waktu berbasis capchain dari tanggal dan lokasi. Pada berlian, misalnya yang harus sesuai dengan nomor produk.

Provenance yang berbasis di Inggris menawarkan audit rantai pasokan untuk berbagai barang konsumsi. Dengan menggunakan blokir Ethereal, proyek percontohan Provenance memastikan bahwa ikan yang dijual di restoran Sushi di Jepang telah dipanen secara berkelanjutan oleh pemasoknya di Indonesia.

Keenam, penyimpanan file. Desentralisasi penyimpanan file di internet membawa manfaat yang jelas. Mendistribusikan data ke seluruh jaringan melindungi file agar tidak diretas atau hilang.

Inter Planetary File System (IPFS) memudahkan untuk mengkonseptualisasikan bagaimana jaringan terdistribusi dapat beroperasi. Serupa dengan cara memindahkan data BitTorrent di internet, IPFS menyingkirkan kebutuhan akan hubungan client-server terpusat (yaitu, web saat ini). Sebuah internet yang terdiri dari situs web yang benar-benar terdesentralisasi berpotensi mempercepat transfer file dan waktu streaming. Perbaikan semacam itu tidak hanya nyaman. Ini adalah peningkatan yang diperlukan untuk sistem pengiriman konten saat ini yang kelebihan muatan.

Ketujuh, prediksi pasar. Crowdsourcing prediksi probabilitas acara terbukti memiliki tingkat akurasi yang tinggi. Pendapat rata-rata membatalkan bias yang tidak diperiksa yang mendistorsi penilaian. Prediksi pasar yang payout sesuai dengan hasil event sudah aktif. Blockchain adalah teknologi wisdom of the crowd yang tidak diragukan lagi akan menemukan aplikasi lain pada tahun-tahun mendatang.

Meski begitu, prediksi aplikasi pasar Augur membuat penawaran saham pada hasil acara dunia nyata. Peserta bisa mendapatkan uang dengan membeli prediksi yang benar. Semakin banyak saham yang dibeli dalam hasil yang benar, semakin tinggi pembayarannya. Dengan komitmen dana yang kecil (kurang dari satu dolar), setiap orang dapat mengajukan pertanyaan, menciptakan pasar berdasarkan hasil yang diperkirakan, dan mengumpulkan setengah dari semua biaya transaksi yang dihasilkan pasar.

Kedelapan, perlindungan kekayaan intelektual

Seperti diketahui, informasi digital bisa direproduksi secara tak terbatas dan didistribusikan secara luas berkat internet. Ini telah memberi pengguna web secara global sebuah tambang emas berisi konten gratis. Namun, pemegang hak cipta belum begitu beruntung, kehilangan kendali atas kekayaan intelektual mereka dan menderita secara finansial sebagai konsekuensinya. Kontrak cerdas dapat melindungi hak cipta dan mengotomatisasi penjualan karya kreatif secara online, sehingga menghilangkan risiko penyalinan dan penyerahan ulang berkas.

Mycelia menggunakan Blockchain untuk menciptakan sistem distribusi musik peer-to-peer. Didirikan oleh penulis lagu dan penyanyi Inggris Imogen Heap, Mycelia memungkinkan para musisi untuk menjual lagu secara langsung ke khalayak, serta contoh lisensi kepada produsen dan membagi royalti menjadi penulis lagu dan pemusik - semua fungsi ini diotomatisasi oleh kontrak cerdas. Kapasitas Blockchain untuk mengeluarkan pembayaran dalam jumlah kripto-gurasi fraksional (micropayments) menunjukkan bahwa kasus penggunaan untuk blockchain ini memiliki peluang sukses yang kuat.

Kesembilan, perdagangan saham

Potensi penambahan efisiensi dalam penyelesaian saham membuat kasus penggunaan yang kuat untuk Blockchain dalam perdagangan saham. Ketika dieksekusi peer-to-peer, konfirmasi perdagangan menjadi hampir seketika (berlawanan dengan mengambil tiga hari untuk pembersihan). Berpotensi, ini berarti perantara - seperti rumah kliring, auditor dan kustodian - dikeluarkan dari prosesnya.

Sejumlah bursa saham dan komoditas merupakan prototipe aplikasi blockchain untuk layanan yang mereka tawarkan, termasuk ASX (Australian Securities Exchange), Deutsche Börse (bursa saham Frankfurt) dan JPX (Japan Exchange Group). Sebagian besar profil tinggi karena penggerak pertama yang diakui di daerah tersebut, adalah LINQ Nasdaq, sebuah platform untuk perdagangan pasar pribadi (biasanya antara perusahaan pemula dan investor pra-IPO). Sebuah kemitraan dengan perusahaan rantai teknologi Blockchain, Linq mengumumkan penyelesaiannya sebagai perdagangan saham pertama pada 2015. Baru-baru ini, Nasdaq mengumumkan pengembangan proyek Blockchain percobaan untuk pemungutan suara proxy di Estonia Stock Market.

Dengan semua hal yang ditawarkan oleh Blockchain, saya sepertinya sudah tidak sabar bisa merasakan teknologi ini difungsikan secara sempurna di negara kita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro