Mengapa Gula Bisa Bikin Gigi Berlubang?

Kelebihan gula dalam tubuh tidak hanya menimbulkan masalah obesitas dan diabetes, tetapi juga kesehatan gigi dapat terganggu meskipun masih sering terabaikan.
Newswire | 06 September 2018 07:05 WIB
Makanan mengandung gula - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Kelebihan gula dalam tubuh tidak hanya menimbulkan masalah obesitas dan diabetes, tetapi juga kesehatan gigi dapat terganggu meskipun masih sering terabaikan.

Gula ternyata memiliki peran yang penting dalam membuat gigi berlubang, menurut dokter gigi Ratu Mirah Afifah, GCClinDent., selaku Divisi on Head for Health & Wellbeing and Professional Institutions Yayasan Unilever Indonesia, menjelaskan hubungan antara gula dan proses terjadinya gigi berlubang.

"Gula yang kita konsumsi diubah oleh 20 miliar mikroorganisme dalam mulut sebagai asam yang mengubah kondisi pH mulut. Inilah proses pembentukan karies," papar Mirah dalam talkshow "Lindungi Kesehatan Gigi dari Resiko Gula Tersembunyi" di Jakarta, Rabu (5/9/2018).

Proses karies ini memang tidak terjadi dalam waktu singkat. Butuh waktu sekitar enam bulan untuk pembentukannya.

"Itulah kenapa dianjurkan untuk melakukan periksaan gigi setiap enam bulan sekali," ujar Mirah.

Meski demikian, karies dan gigi berlubang dapat dicegah. Caranya adalah dengan membatasi asupan gula sesuai kebutuhan tubuh, sikat gigi setelah sarapan dan sebelum tidur serta pemeriksaan kesehatan gigi secara rutin.

Sumber : Antara

Tag : gigi
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top