Tips Pertolongan Pertama pada Seseorang yang Pingsan

Anda perlu melakukan metode pertolongan pertama 'Pak, Minta Tolong, Pijat'. Apakah itu?
Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh | 20 September 2018 12:07 WIB
Jantung - Boldsky

Bisnis.com, JAKARTA - Baru-baru ini kabar Al Ghazali putra Ahmad Dhani dan Maia Estianty pingsan di dalam mobil pada Selasa pagi (18/9/2018) sempat membuat masyarakat menjadi geger.

Al dikatakan pingsan karena memaksakan diri untuk menyetir mobil saat pulang ke rumah sang Bunda, Maia Estianty, dalam kondisi tidak enak badan dan sedang mengalami alergi obat.

Namun, pingsan tiba-tiba tidak hanya dialami oleh kalangan selebritis. Masyarakat biasa pun dapat mengalami kondisi yang sama.

Pernahkan Anda berhadapan dengan orang yang tiba-tiba pingsan atau terjatuh tak sadarkan diri di depan Anda?

Kalau iya, Anda perlu melakukan metode pertolongan pertama 'Pak, Minta Tolong, Pijat'. Apakah itu? Berikut penjelasannya;

Saat Anda bertemu orang yang tiba-tiba tidak sadar diri, yang harus pertama kali Anda lalukan adalah memastikan 3A.

"Tiga A adalah aman diri, aman korban dan aman lingkungan," jelas Dr. Raymos Hutapea saat menjelaskan mengenai Basic Life Support di Graha Rumas Sakit Pusat Pertamina Lt. 12, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (20/9/2018).

Selanjutnya, Anda dianjurkan untuk memanggil korban dan melihat gerak dadanya. Apabila tidak terjadi respon, Anda dianjurkan minta orang di sekitar Anda atau jika Anda dalam kondisi sedang sendiri untuk menghubungi nomor darurat 119 atau 112.

"Sebutkan identitas diri Anda, lokasi tempat pingsan si korban, jumlah korban, keadaan korban dan nomor telepon yang dapat dihubungi," lanjut Dr. Raymos.

Selanjutnya, lakukan pijatan jantung luar. Pertama, letakkan tangan Anda dengan posisi tegak lurus di bagian bawah jantung atau segaris lurus dengan puting pada dada laki-laki--perlu diingat posisi jantung manusia terletak tepat di tengah-tengah bagian dada--dan pijat dengan kecepatan 100/menit lakukan pijat jantung luar ini dengan tekanan kedalaman 5-6 sentimeter selama dua menit.

"Setelah dua menit cek nafas dan gerak dada, kalau tidak ada ulangi lagi pijat jantung luar sampai tenaga medis datang," papar Dr. Raymos.

Satu hal penting yang harus Anda ingat adalah di empat menit pertama orang tersebut pingsan itu adalah waktu kritis untuk diberikan pertolongan pertama.

Apabila lewat dari waktu empat menit dan tidak segera dilakukan Basic Life Support maka orang tersebut peluang hidup menjadi 0%.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
jantung

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top