Ilustrasi kanker payudara/Istimewa
Health

Cegah Kanker Payudara dengan Tujuh Gaya Hidup Berikut

Eva Rianti
Selasa, 2 Oktober 2018 - 19:48
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Oktober merupakan bulan kesadaran kanker payudara karena pada setiap tanggal 12 Oktober diperingati Hari Kanker Payudara Sedunia.

Kanker payudara dikatakan sebagai kanker paling umum pada wanita. Menurut American Institute for Cancer Research (AICR), satu dari delapan wanita menderita kanker payudara.

Adapun, sekitar 38% dari semua kasus kanker payudara dapat dihindari jika dilakukan metode pencegahan yang tepat.

Para peneliti telah mengidentifikasi bahwa gaya hidup, lingkungan, dan faktor genetik tertentu dapat meningkatkan risiko kanker payudara. Faktor genetik tidak dapat diubah, tetapi faktor gaya hidup dapat dimodifikasi untuk mencegah kanker payudara.

Jika Anda ingin mencegah kanker payudara, ada baiknya melakukan tujuh gaya hidup berikut ini, seperti dilansir dari Boldsky, Selasa (2/10/2018).

Diet Rendah Lemak

Diet yang rendah lemak akan membantu menurunkan risiko kanker payudara. Sebuah studi mencatat bahwa wanita yang tetap bertahan dengan diet rendah lemak untuk periode yang lebih lama memiliki peluang paling kuat untuk bertahan dari kanker payudara.

Jadi, kelangsungan hidupnya lebih tinggi dibandingkan dengan wanita yang mengonsumsi makanan biasa.

Menyusui Sebanyak Mungkin

Risiko kanker payudara dapat diturunkan jika ibu menyusui selama lebih dari satu tahun. Hal ini lantaran kegiatan menyusui membatasi kemampuan sel payudara untuk bertindak secara tidak normal.

Wanita yang menyusui memiliki siklus menstruasi yang lebih sedikit sehingga menyebabkan kadar hormon estrogen dalam tubuh lebih rendah. Hormon estrogen merupakan salah satu hal yang berperan memicu kanker payudara.

Tetap Aktif Secara Fisik

Aktivitas fisik dapat membantu Anda menjaga kesehatan tubuh dan pikiran serta dapat mengurangi risiko kanker payudara.

Studi yang dilakukan oleh Women’s Health Initiative menemukan bahwa wanita yang melakukan jalan cepat selama satu hingga dua jam per pekan memiliki penurunan risiko kanker payudara yang signifikan sampai 18%.

Hindari Asupan Alkohol

Semakin banyak wanita mengonsumsi alkohol, akan berpotensi meningkatkan risiko terkena kanker payudara. Berdasarkan penelitian, wanita harus membatasi diri untuk minum kurang dari satu gelas per hari karena wanita yang mengonsumsi dua hingga lima minuman setiap hati memiliki risiko lebih besar daripada wanita yang tidak minum sama sekali.

Berhenti merokok

Wanita yang merokok pada usia dini dapat meningkatkan risiko terkena kanker payudara. Banyak penelitian menemukan hubungan antara merokok dan risiko kanker payudara pada wanita pra-menopause. Selain itu, merokok juga diketahui dapat meningkatkan komplikasi dari perawatan kanker payudara.

Batasi Terapi Penggantian Hormon

Menurut breastcance.org, wanita dengan terapi penggantian hormon memiliki risiko lebih tinggi didiagnosis kanker payudara.

Wanita yang menggunakan terapi hormon estrogen saja memiliki risiko lebih tinggi dibandingkan dengan wanita yang belum pernah menjalani terapi hormon. Bahkan, wanita yang merupakan pengguna kombinasi terapi hormon memiliki dua kali lipat risiko kanker payudara dibandingkan dengan wanita yang tidak menggunakannya.

Periksa Payudara Anda Setiap Bulan

Memeriksa payudara Anda setiap bulan sangat penting dilakukan guna menemukan benjolan pada payudara. Dengan cara ini, Anda dapat mencegah awal timbulnya kanker payudara yang membuatnya lebih mudah untuk diobati dengan tepat.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Eva Rianti
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro