Kopi hijau/Istimewa
Health

Ini Manfaat dari Kopi Hijau untuk Kesehatan

Newswire
Rabu, 3 Oktober 2018 - 12:36
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Selama ini orang sudah tahu manfaat teh hijau untuk kesehatan. Tapi tahukah Anda jika sebenarnya ada kopi hijau juga yang baik untuk kesehatan?

Kehadiran asam klorogenat tinggi dalam biji kopi hijau diyakini peneliti memiliki beberapa manfaat kesehatan karena senyawa tersebut memiliki efek antioksidan, menurunkan tekanan darah, dan membantu menurunkan berat badan.

Green coffee atau biji kopi hijau adalah biji kopi yang belum dipanggang. Proses panggang sendiri akan mengurangi jumlah senyawa yang disebut asam klorogenat. Oleh karena itu, kopi panggang normal yang kita konsumsi memiliki jumlah asam klorogenat yang lebih sedikit, dan tidak bermanfaat seperti kopi hijau.

Mengonsumsi kopi hijau dapat secara positif mempengaruhi bagaimana tubuh Anda menyerap dan menggunakan karbohidrat. Ini juga memainkan peran penting dalam mengatur kadar gula darah. Berikut ini akan dibahas beberapa manfaat kesehatan dari kopi hijau, seperti dilansir Boldsky, Rabu.

1. Meningkatkan metabolisme

Asam klorogenat dalam kopi hijau adalah penguat metabolisme yang hebat. Ini meningkatkan Tingkat Metabolisme Basal (BMR) tubuh yang sebagian besar berguna untuk menurunkan pelepasan glukosa yang berlebihan dari hati ke dalam darah. Tubuh kemudian mulai membakar kelebihan lemak yang disimpan dalam sel-sel lemak untuk memenuhi kebutuhan glukosa.

2. Menjaga kesehatan jantung

Kolesterol menyebabkan masalah jantung yang mengarah ke penyakit kardiovaskular. Penumpukan kolesterol jahat dalam tubuh menyempitkan arteri dan kondisi yang dikenal sebagai aterosklerosis, di mana plak membentuk dan membatasi aliran darah. Minum kopi hijau akan mengurangi kolesterol jahat karena adanya asam klorogenat, dan karena itu dikatakan bermanfaat bagi jantung.

3. Mendetoksifikasi tubuh

Biji kopi hijau mentah dan tidak diolah mengandung antioksidan tinggi yang mencegah radikal bebas berbahaya menyerang tubuh. Ini juga membantu dalam detoksifikasi alami dengan membersihkan hati dan menghilangkan racun serta lemak yang tidak perlu dari tubuh.

4. Menekan nafsu makan

Kopi hijau membantu mengendalikan hasrat memakan makanan yang tidak diinginkan dan mencegah Anda makan berlebih, sehingga meningkatkan penurunan berat badan. Asam klorogenat hadir dalam kopi hijau bertindak sebagai penekan nafsu makan alami.

5. Mengontrol tingkat gula darah

Biji kopi hijau dikenal untuk mengatur kadar gula darah. Jika Anda penderita diabetes, minum kopi hijau membantu mengurangi penyerapan gula di usus kecil Anda dengan mengurangi ketersediaan gula. Lebih lanjut menurunkan peradangan dalam tubuh dan membantu menurunkan kadar gula darah dalam aliran darah.

Lalu kapan saat terbaik minum kopi hijau? Waktu terbaiknya adalah tepat setelah makan. Karena umumnya setelah makan, kadar gula darah tubuh meningkat karena kandungan karbohidrat dan protein dalam makanan. Minum kopi hijau akan mencegah lonjakan tiba-tiba kadar gula darah dan akan membuat Anda energik sepanjang hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro