KICKS dan selebriti galang kampanye anti kanker serviks/Istimewa
Health

Kaum Perempuan Diajak Peduli Pencegahan Dini Kanker Serviks

Asteria Desi Kartika Sari
Jumat, 5 Oktober 2018 - 18:39
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA— Koalisi Indonesia Cegah Kanker Serviks atau KICK bekerjasama dengan Aplikasi ProSehat pada serangkaian kegiatan untuk memberikan edukasi dan mengajak para perempuan Indonesia melindungi dirinya dan melakukan pencegahan dini terhadap kanker serviks.

Apalagi, kanker serviks masih menjadi penyakit yang ditakuti dan memakan banyak korban jiwa. Padahal, kanker tersebut merupakan satu-satunya kanker yang dapat dicegah dengan melakukan vaksinasi HPV.

Berdasarkan Data Globocan 2012 di Indonesia, sebanyak 26 perempuan meninggal setiap hari karena kanker serviks. Bahkan, penderitanya paling banyak berada di usia produktif, yakni 35-55 tahun.

Artinya, sebanyak lebih dari 9.000 keluarga di Indonesia ditinggalkan oleh ibu, anak perempuan dan istrinya karena kanker serviks setiap tahunnya.

Terlebih lagi, dari keseluruhan kasus kanker serviks baru yang ditemukan di Indonesia, diketahui lebih dari 70% sudah pada stadium lanjut. Pada kondisi ini, pengobatan menjadi lebih sulit, lebih mahal serta tingkat keberhasilan juga menurun.

Melihat fakta yang ada, upaya pencegahan sangat penting untuk dilakukan segera, salah satunya adalah dengan melakukan vaksinasi HPV.

Hal tersebut sesuai dengan anjuran WHO yang menyatakan bahwa tindakan pencegahan primer untuk mencegah terjadinya kanker serviks adalah dengan melakukan vaksinasi HPV yang membuat tubuh membentuk antibodi terhadap virus HPV.

Dokter mitra ProSehat Agnes mengatakan dukungannya terhadap edukasi kanker serviks untuk meningkatkan kesehatan perempuan Indonesia. ProSehat sendiri tahun ini sudah memberikan ribuan layanan vaksinasi dokter ke rumah. Sebagai aplikasi marketplace untuk layanan dan produk kesehatan pertama di Indonesia.

Dokter mitra ProSehat sudah disaring ketat dan menjalani pelatihan khusus vaksinasi serta dipersiapkan untuk menangani setiap kondisi yang mungkin dihadapi saat layanan kesehatan ke rumah termasuk pertolongan pertama.

Saat ini layanan vaksinasi ke rumah melayani Anda yang berada di seluruh wilayah Jakarta, Tangerang, Serpong, Bintaro, Depok, serta Bekasi dan segera di kota lain seperti Yogyakarta, Surabaya, Bandung di akhir tahun ini.

“Rencananya kami akan menjangkau kota di luar pulau Jawa mulai tahun depan,” katanya melalui keterangan tertulis, dikutip Jumat (5/10/2018).

Duta Cegah Kanker Serviks Wulan Guritno mengatakan, kanker serviks tidak seharusnya menghentikan mimpi perempuan-perempuan di Indonesia untuk tetap hidup dan berkarya.

“Saya mengajak perempuan Indonesia untuk mulai melindungi diri dan orang-orang yang mereka sayangi dengan vaksinasi HPV serta deteksi dini untuk melawan kanker serviks,”katanya.

Menurutnya, dengan memberikan perlindungan kepada diri sendiri terlebih dahulu untuk memiliki kualitas kelangsungan hidup yang panjang sehingga dapat berkarya sendiri maupun keluarga. “Jangan lupa untuk melakukan deteksi secara reguler setiap tahunnya melalui tes papsmear.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro