Kebutaan di Indonesia/Antara
Health

Hati-Hati Miras Sebabkan Kebutaan Mendadak

Dewi Andriani
Kamis, 11 Oktober 2018 - 11:03
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Katarak selama ini sering dianggap sebagai penyebab kebutaan di Indonesia. Namun siapa sangka ternyata menegak minuman keras yang sudah dicampur dengan kandungan yang tak seharusnya dikonsumsi atau miras oplosan juga dapat menyebabkan kebutaan mendadak, bahkan sifatnya permanen.

Berdasarkan data ilmiah dari Badan Pengawas Obat dan Makanan miras oplosan biasanya dicampur dengan berbagai zat mulai dari methanol, alkohol teknis (dengan kadar etanol di atas 55 persen), obat-obatan, minuman bersoda, suplemen kesehatan, bahkan ada juga yang dicampur dengan bahan kimia.

Dokter Spesialis Mata dari RSCM yang juga Ketua Persatuan Dokter Spesialis Mata, M Sidik mengatakan dari berbagai bahan tersebut methanol merupakan yang paling berbahaya. Metanol adalah alkohol industri yang dibuat secara sintesis dan biasanya tersedia dalam konsentrasi tinggi untuk keperluan industri.

Bila dicerna tubuh, metanol akan menjadi formaldehyde atau formalin yang beracun dan berbahaya bagi kesehatan. Reaksinya dapat merusak jaringan saraf pusat, otak, pencernaan, hingga kebutaan.

“Minum alkohol oplosan yang sudah dicampur methanol itu akan merusak syaraf. Kandungannya 10 cc saja sudah menyebabkan kebutaan kalau 30 cc itu sudah lebih parah lagi bisa membuat orang meninggal,” ujarnya.

Menurutnya, kebutaan karena miras oplosan ini tidak bisa disembuhkan atau sifatnya permanen karena yang disasar langsung ke pusat syaraf. Apalagi biasanya penderita tidak langsung memeriksakan diri ke rumah sakit setelah munculnya berbagai gejala usai pesta miras.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dewi Andriani
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro