Penulis buku The Ultimate Wedding Guide Caroline Muliawan di Jakarta, Kamis (10/11/2018)./Antara News - Anggarini Paramita)
Fashion

Bingung Dengan Bujet Pernikahan? Baca Solusinya di Buku Ini

Asteria Desi Kartika Sari
Jumat, 12 Oktober 2018 - 14:03
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-- Masalah finansial sering kali menjadi alasan mengapa masih banyak pasangan yang enggan melangsungkan pernikahan.

Operational Manager The Bride Dept Friska Ruslim mengatakan, Bride Dept telah melakukan pengamatan secara berkala terhadap kecenderungan pasangan yang enggan melangsungkan pernikahan.

"Ternyata, kami mendapatkan insight bahwa mereka yang enggan untuk menikah disebabkan kurangnya kesiapan mental, terutama urusan finansial," kata Friska dikutip Jumat (12/10/2018).

Berangkat dari hasil pengamatan tersebut, The Bride Dept dan Dana Nikah membuat sebuah buku berjudul The Ultimate Wedding Guide.

Buku ini menawarkansolusi dalam mengatur perencanaan dana pernikahan, kesiapan mental, dan persiapan pesta pernikahannya.

Buku tersebut relevan untuk Indonesia yang identik dengan acara pernikahan besar-besaran. Pesta pernikahan membuat para calon pengantin harus mempersiapkan bujet khusus yang tidak sedikit jumlahnya.

Itu sebabnya, merencanakan keuangan sejak dini untuk biaya pernikahan menjadi salah satu hal yang penting.

Buku The Ultimate Wedding Guide yang ditulis Caroline Muliawan menjelaskan bagaimana cara mempersiapkan dana untuk pernikahan yang efektif. Juga diulas tips membuka tabungan bersama pasangan dan mengatur pengeluarannya sebagai informasi penting untuk kehidupan pernikahan setelahnya.

“Ada pula simulasi mengatur budget pernikahan yang dijelaskan secara terperinci, mulai dari bagaimana cara membagi keseluruhan budget pernikahan ke dalam bagian vendor-vendor pernikahan," tambah Caroline Muliawan sang penulis buku ini.

Anggaran Nikah dan Calon Mertua

Seperti ditulis Antara, Kamis (11/10/2018), buku ini dibuat dengan dasar curahan hati para klien Caroline Muliawan, Owner dari Dana Nikah dan Putri Arinda, Marketing Manager The Bride Dept. Keduanya pun lantas berkolaborasi membuat buku berjudul The Ultimate Wedding Guide ini.

“Ada dua masalah yang kerap dihadapi calon pasangan pengantin. Pertama, soal finansial. Kedua, masalah mertua. Dalam buku ini mengupas masalah dan memberikan solusi,” terang Putri saat berbincang dalam acara bedah buku “The Ultimate Wedding Guide” di Jakarta, Kamis.

Mengenai persiapan pernikahan, sambung Caroline, menikah itu dipersiapkan jauh-jauh hari.

“Usahakan mempersiapkan budget pernikahan selama minimal 6 bulan hingga 36 bulan. Diambil dari tabungan masing-masing pasangan sebanyak 30% selama 12 bulan, misalnya,” ujar Caroline.

Caroline mengingatkan agar biaya pernikahan tidak melebihi budget yang diperkirakan sebelumnya.

“Berangkat dari budget itu kita tahu ada uang berapa. Kalau memang mau pinjam uang itu sudah tahu bagaimana mengembalikannya. Sebisa mungkin tidak menjual aset,” tegasnya.

Berbicara mengenai mertua, lanjut Putri, dalam buku ini dibahas mengenai tipe-tipe mertua, mulai dari mertua perhatian, mata duitan, penurut, santai, pilih kasih, dingin, tukang rumpi, dan manja.

“Resepnya itu harus sabar dan mengerti mereka yang lebih tua. Komunikasikan hal tersebut kepada calon suami,” pungkasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Saeno
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro