Anak-anak bermain gadget/Istimewa
Health

Kurangi Kecanduan Gawai Anak dengan "Quality Time" Bersama Orang Tua

Newswire
Minggu, 14 Oktober 2018 - 07:57
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Kecanduan gawai di anak-anak diyakini akan berkurang jika orang tua bisa lebih sering menghabiskan waktu berkualitas dengan anaknya.
 
"Orang tua bisa membuat anak berpaling dari gawai bukan hanya dengan membelikan mainan jenis lain, tapi bisa juga dengan memberikan quality time untuk keluarganya," ujar pemerhati anak dari Traditional Games Returns (TGR) Aghnina, seperti dilansir Antara, Minggu (14/10/2018).
 
Kualitas kebersamaan antara orang tua dan anak harus ditandai dengan adanya interaksi yang responsif. Misalnya, dengan mendongeng, sekadar mengobrol, atau mendengarkan tanpa memotong pernyataan anak saat dia mengungkapkan pendapat.
 
Menurutnya, hal-hal ini sering terlupakan oleh orang tua.
 
"Kebiasaan sekarang kan orang tua itu kasih gawai agar mereka tidak terganggu saat bekerja dan sebagai cara mendiamkan anak. Cara-cara itu harus diubah dan ditinggalkan," lanjut Aghnina.
 
Pemberian mainan yang mengasah otak atau memiliki sifat edukatif juga dapat menjadi alternatif bagi orang tua. Namun, yang paling penting adalah orang tua mesti dekat dengan anaknya sehingga secara otomatis tidak lagi tergantung gawai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Annisa Margrit
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro