Fashion

Pembayaran Token Listrik PLN Lebih Mudah Melalui Smartphone

MediaDigital
Jumat, 19 Oktober 2018 - 13:33
Bagikan

Hidup Anda tentu tidak bisa lepas dari listrik. Anda tentu tidak mau listrik padam tengah malam karena lupa membayar tagihan, bukan? Dulu, tagihan listrik dikirim ke rumah pelanggan dan harus dibayar di kantor PLN sebelum jatuh tempo. Sangat merepotkan, terutama untuk Anda yang tinggal di perkotaan.

Namun, seiring perkembangan pembayaran bulanan listrik PLN ataupun pembelian token listrik sudah dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti melalui minimarket hingga melalui smartphone Anda.

Dengan cara ini, Anda hanya perlu mengakses situs penyedia layanan pembayaran listrik, lalu menyelesaikan pembayaran dalam hitungan detik. Beberapa bentuk pembayaran online misalnya: situs resmi PLN, m-banking, e-banking, maupun agen pembayaran online.

Bahkan hanya dengan cara mengirim pesan singkat untuk pembayaran listrik. Tidak percaya? Silakan simak, berikut ini beberapa cara yang dapat Anda pilih untuk melakukan pembelian token listrik PLN. Dijamin memudahkan hidup Anda!

  1. Mengecek melalui pesan singkat

Kini Anda bisa langsung mengecek tagihan listrik dengan menghubungi 123 atau SMS ke 8123. Selain itu, Anda juga dapat mengunduh aplikasi PLN Mobile resmi dari PLN untuk mengecek tagihan.

Pada menu Informasi, pilih Informasi Tagihan dan Token Listrik. Lalu, masukkan ID pelanggan atau nomor meteran Anda kemudian klik Cari. Setelah mengetahui jumlah tagihan listrik, Anda tidak perlu meninggalkan tempat duduk sebab Anda bisa membayar secara online saat itu juga.

Jadi, Anda cukup memasukkan nomor pelanggan dan periode tagihan yang ingin Anda bayar di berbagai penyedia layanan pembayaran listrik. Cukup mudah, bukan?

  1. Menggunakan pulsa

Setelah melakukan pengecekan, Anda juga bisa mengisi token listrik melalui pulsa berbagai operator. Anda cukup mengirimkan kode pelanggan disertai dengan nominal yang dibeli, kemudian dikirimkan ke short number tertentu.

Sebelumnya, pastikan terlebih dahulu smartphone Anda berisi pulsa yang cukup untuk nominal token yang akan dibeli. Tunggu beberapa saat, Anda akan mendapatkan SMS balasan yang berisi token untuk dimasukan ke meteran.

  1. Menggunakan layanan online di aplikasi

Salah satu cara termudah untuk melakukan pembelian token listrik adalah melalui smartphone. Beberapa aplikasi di smartphone juga telah menyediakan layanan pembayaran dan pembelian token listrik. Salah satunya adalah Traveloka, baik melalui aplikasi maupun website, Anda dapat membeli token listrik sesuai nominal yang dibutuhkan dengan aman dan praktis.

Caranya, klik Traveloka App di ponsel Anda lalu pilih menu “Bayar Tagihan” dan “Listrik PLN”, lalu masukkan nomor meter prabayar atau nomor pelanggan Anda pada menu yang tersedia. Selanjutnya, pilih besaran nilai token yang ingin Anda beli dan klik “Beli Sekarang”. Periksa kembali nama, nomor meteran, nomor pelanggan, besaran nilai token, serta total harga yang Anda pilih.

Jika sudah benar, Anda bisa langsung melakukan proses pembayaran. Anda dapat memilih cara pembayaran melalui berbagai metode seperti transfer, kartu kredit, ataupun menggunakan pilihan pembayaran di TravelokaPay untuk proses yang lebih mudah. Setelahnya, Anda akan mendapatkan nomor token yang bisa langsung dimasukan pada meteran.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda pilih untuk melakukan pembelian token listrik PLN. Untuk lebih praktis, Anda dapat memilih cara pembelian via smartphone. Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah melakukan pembelian token listrik kapan pun dan di mana pun berada. Jadi, Anda akan lebih hemat waktu saat bertransaksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : MediaDigital
Editor : MediaDigital
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Rekomendasi Kami